Cara Membuat CheckBox Form Control Untuk Menentukan Beberapa Pilihan di Ms. Excel

Pernahkan Anda tahu tentang CheckBox/cekbok/ceklist? bagaimana Cara Membuat CheckBox Untuk Menentukan Beberapa Pilihan di Ms. Excel? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa trik atau tips membuat CheckBox.

Berikut Penjelasannya.
Untuk membuat CheckBox silakan klik menu Developer kemudian pilih atau klik Insert dan pilih CheckBox Form Control


Silakan klik pada lembar kerja excel Anda dan akan terlihat sebuah CheckBox1


Jika sudah selesai silakan ganti tulisan Check Box 2 menjadi "Pisang" kemudian langkah berikutnya silakan drag and drop untuk mengcopy checkbox ke bawah sehingga menghasilkan 4 buah checkbox dan silakan ganti tulisannya secara berurutan "Pepaya", "Melon", "Manggis"




Langkah selanjutnya silakan klik kanan untuk pilihan "Pisang" kemudian klik Format Object


Tampilan selanjutnya adalah Anda akan melihat sebuah jendela Format Object silakan lihat akan tampak seperti di bawah ini dan silakan pilih options Unchecked dan tuliskan cell link $D$4 silakan ganti untuk pilihan Pepaya, Melon, dan Manggis cell nya diganti dengan $D$5, $D$6, $D$7 silakan dicoba klik untuk checkbox



Oke, saya kira cukup mudah untuk membuat checkbox menggunakan excel, jika ada pertanyaan silakan komentar di bawah ya.