Header Ads

test

Praktikum Kimia (dan Mat-Sains) dengan Simulasi Secara Online

Praktikum Kimia (dan Mat-Sains) dengan Simulasi Secara Online

Memanfaatkan layanan yang tersedia secara online tentu adalah alternatif media pembelajaran ketika kita belum mampu membuat sendiri, atau karena tidak tersedia sarana laboratorium, dan kita memang telah hilang kreativitas.
Berikut ini adalah tautan yang bisa dimanfaatkan untuk mengajak siswa untuk “rekreasi” sejenak namun tetap terbimbing. Pada web tersebut sudah tersedia apa yang harus dilakukan siswa dengan simulasi yang tersedia. Kalau kita bisa membuatnya secara offline tentu ini akan jadi lebih bagus lagi karena tidak ada ketergantungan dengan akses internet, cukup dengan intranet. Dengan sedikit adaptasi semua yang ada di website tertentu kita bisa tiru.
Contoh yang bagus salah satunya adalah dari website BGRS (Black Gold Regional Schools) Engaging Student dari Canada. Bukan hanya kimia saja masih tersedia juga matematika dan ilmu sains lainnya. Kalau perlu silakan jelajah lebih lanjut pada masing-masing divisi. Dari web tersebut berbagai media pembelajaran tersedia mulai untuk siswa SD hingga SMA. Memang tidak semua pranala bisa diakses karena memerlukan akun dan password, kita tidak memiliki otoritas untuk mendaftar di pranala web tertentu yang disarankan. Tetapi cukup banyak yang bisa diakses bebas untuk kita manfaatkan.
Screenshoot web blackgold.ca
Di sini saya akan berikan pranala hanya untuk kimia saja. Harap maklum :) karena ini untuk kepentingan saya sendiri atau bisa juga dipakai oleh siapa saja yang sedang memerlukan bahan pengajaran kimia.
  1. From Petrolium to Gasoline – Destilasi fraksional (bertingkat) untuk memisahkan petroliun ke komponen-komponennya.
  2. Hukum Boyle Pada simulasi ini siswa dapat melakukan investigasi hubungan antara tekanan dan volum gas-gas.
  3. Hukum Charles Pada simulasi ini siswa dapat melakukan investigasi hubungan antara temperatur dan volume gas.
  4. Praktikum di Lab Termokimia. Siswa akan menggunakan tujuan pembelajaran untuk menginvestigasi entalpi molar reaksi, entalpi molar larutan, dan transfer panas logam.
  5. Entalpi Molar Reaksi – Uji disain kalorimeter dan prosedur kalorimetri untuk verifikasi yang dapat diterima secara luasuntuk entalpi molar reaksi netraliasasi.
  6. Sel Volta Tujuan dari investigasi ini adalah untuk mendemonstrasikan disain dan operasi sel volta digunakan dalam penelitian ilmiah.
  7. Sel Elektrolisis Aktivitas yang diberikan di sini mengijinkan kita untuk mendiskusikan sel elektrolisis dengan siswa dan memberinya beberapa paktik dalam membangun rekasi redoks yang tidak spontan.
  8. Titrasi reaksi Redoks Siswa akan menggunakan simulasi ini untuk menganalisis tiga reaksi redoks yang tersedia.
  9. Titrasi Cuka Simulasi titrasi ini digunakan untuk menentukan molaritas asam asetat dalam cuka.
  10. Kurva pH Simulasi titrasi ini digunakan untuk membuat kurva pH untuk titrasi asam kuat dengan basa kuat.
  11. Kesetimbangan Silakan gunakan panduan investigasi yang diberikan Tuan Doug Saumer untuk membantu dalam pengunaan simulasi ini.
Dari beberapa simulasi praktikum di atas jelas memerlukan koneksi internet, tetapi hal itu bisa diakali hanya mengunduh dan mengadaptasi panduan praktikumnya saja, sementara animasi simulasi untuk praktiknya bisa kita unduh secara terpisah dan kita gunakan secara intranet (agar tidak perlu koneksi internet).
Sumber: https://urip.wordpress.com/2012/11/28/praktikum-kimia-dan-mat-sains-dengan-simulasi-secara-online/