Header Ads

test

Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017

   Pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi penting yang berkaitan dengan pencarian informasi pendaftaran online SNMPTN 2016. Disini admin akan memberikan penjelasan mengenai tata cara pendaftaran, tahapan seleksi, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, nama-nama PTN yang bisa dipilih, serta keterangan lainnya yang berkaitan dengan pendaftaran online SNMPTN 2016/2017.
 Image result for PETUNJUK PENGISIAN pdss 2016

Banyak jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, diantaranya adalah snmptn, sbmptn, spmb, jalur mandiri, jalur kerja sama dan jalur lainnya. Jalur-jalur yang diselenggarakan tersebut bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru untuk masuk ke Perguruan Tinggi yang diminati. Disini kita akan membahas secara rinci tentang pendaftaran jalur SNMPTN.

SNMPTN atau dengan kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur seleksi nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang diadakan oleh panitia pelaksana SNMPTN melalui situs www.snmptn.ac.id.


SNMPTN disebut juga jalur undangan, karena hanya siswa yang mendapat undangan yang bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN. Tentunya mendapatkan undangan adalah siswa yang memiliki prestasi yang unggul di Sekolahnya dan secara konsisten menunjukkan pretasinya tersebut.


Untuk siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNMPTN, maka nanti bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Anda bisa membaca informasinya DISINI.


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai SNMPTN, admin ingin memberikan sedikit kata-kata motivasi yang semoga bisa memotivasi anda. Berikut ini kata-kata motivasinya.

"Kata-kata motivasi: Ketika kita dinyatakan lulus dari SMA/MA/SMK atau sederajat lainnya, maka banyak orang telah bangga akan hal itu. Tetapi, kita akan lebih bangga apabila kita bisa masuk ke perguruan tinggi yang selama ini kita impikan dan bisa memilih jurusan favorit kita. Untuk itu, kita harus terus belajar semampu kita dan sepanjang hayat kita. Raihlah cita-citamu dengan usaha yang sungguh-sungguh. Yakinlah tidak akan ada sesuatu yang sia-sia dengan usaha dan kebaikan yang telah kita lakukan. Suatu saat pasti akan memetik hasilnya".


Itulah sedikit kata-kata motivasi untuk anda. Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan utama kita tentang Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017.

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai raport mulai dari nilai raport kelas X semester 1 sampai dengan nilai raport kelas XII semester 1.

SNMPTN diadakan di masing-masing sekolah dengan sistem nasional terpadu berdasarkan prestasi sekolah dan prestasi akademik siswa. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengadakan SNMPTN adalah Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Perlu diketahui bahwa biaya pendaftaran dan biaya seleksi SNMPTN adalah gratis. Hal ini dikarenakan biaya pelaksanaan SNMPTN telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta SNMPTN tidak akan dipungut biaya pendaftaran dan biaya seleksi SNMPTN.

Penting!!!
Untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka bisa mendaftar Bidikmisi melalui jalur Bidikmisi SNMPTN. Setelah mendaftar Bidikmisi, Siswa harus tetap mendaftarkan diri mengikuti SNMPTN. Pendaftaran bidikmisi dilakukan melalui alamat bidikmisi.dikti.go.id

Oke, langsung saja kita akan membahas tentang Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017. Bacalah Informasi selengkapnya dengan baik berikut ini

Persyaratan Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017

Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN, anda harus mengetahui kemudian mempersiapkan persyaratan pendaftaran SNMPTN, baik persyaratan untuk Sekolah maupun persyaratan untuk siswa.

Persyaratan SNMPTN 2016/2017 untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK Negeri ataupun Swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 
Persyaratan SNMPTN 2016/2017 untuk Siswa
  • Siswa yang akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya,
  • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
Cara mengikuti SNMPTN 2016/2017 dilakukan dengan mengikuti dua tahapan. Tahap pertama yaitu pengisian PDSS oleh kepala sekolah dan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua yaitu siswa mendaftar online SNMPTN secara mandiri. Berikut informasi selengkapnya.

Cara Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah pada SNMPTN 2016/2017
  1. Buka website resmi pengisian data PDSS, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  2. Kepala sekolah atau yang mewakilinya melakukan pengisian data diri siswa pada PDSS.
  3. Kemudian akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  4. Kepala sekolah memberikan NISN dan Password kepada masing-masing siswa.
  5. Kemudian siswa login ke website SNMPTN menggunakan NISN dan Password tersebut untuk melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisi sebelumnya oleh kepala sekolah.
  6. Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut dianggap sudah benar.
  7. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran online SNMPTN secara mandiri
Cara Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017 Oleh Siswa
  1. Buka website resmi pendaftaran online SNMPTN, yaitu pendaftaran.snmptn.ac.id
  2. Siswa pendaftar bisa login ke alamat website tersebut untuk melakukan pendaftaran dengan menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
  3. Ketika sudah login, siswa pendaftar akan diminta untuk mengisi biodata lengkap, memilih PTN yang diinginkan, dan memilih program studi yang diminati, serta mengunggah pas foto yang sesuai dengan ketentuan.
  4. Khusus untuk siswa yang mendaftar pada program studi olahraga dan seni diwajibkan untuk mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang dimiliki yang telah disyahkan oleh kepala sekolah sesuai dengan pedoman yang ada di www.snmptn.ac.id.
  5. Setelah semua data terisi lengkap, periksalah kembali data-data anda dan pastikan semuanya benar.
  6. Kemudian cetaklah kartu tanda pendaftaran online sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2016 
Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2016/2017
  • Pengisian dan verifikasi PDSS dilaksanakan pada 22 Januari - 12 Maret
  • Pendaftaran SNMPTN dilaksanakan pada 13 Februari - 15 Maret
  • Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 14 April - 28 April
  • Proses seleksi SNMPTN dilaksanakan pada 16 Maret - 8 Mei.
  • Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN diumumkan pada 9 Mei 2016. klik DISINI.
Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN 2016/2017
  1. Setiap siswa pendaftar paling banyak bisa memilih dua PTN yang diinginkan. jika siswa memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada satu propinsi dengan SMA asal. jika siswa memilih satu PTN, maka PTN yang diinginkan bisa di propinsi mana saja.
  2. Setiap siswa pendaftar paling banyak bisa memilih tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi.
  3. Khusus untuk siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan saja.
  4. Daftar program studi dan jumlah siswa yang bisa diterima dapat dilihat di www.snmptn.ac.id
 Tahapan Seleksi SNMPTN 2016/2017
  1. Siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama yang diurutkan berdasarkan pilihan program studi yang dipilih.
  2. Untuk siswa yang mendaftar pada dua PTN, jika siswa tersebut dinyatakan tidak lulus pada PTN pertama, maka siswa tersebut bisa mengikuti seleksi pada PTN kedua berdasarkan pilihan program studi yang dipilih dan ketersediaan quota penerimaan.
Penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
  1. Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan terkait
  2. Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus ujian SNMPTN
  3. Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pilihan.
Nama-nama PTN di Indonesia yang Tergabung dalam SNMPTN 2016/2017

Berikut ini admin memberikan informasi tentang nama-nama Perguruan Tinggi Negeri terfavorit yang tergabung dalam SNMPTN 2016/2017 yang direkomendasikan untuk calon mahasiswa baru peserta SNMPTN. Informasi selengkapnya di bawah ini.
No
Nama-nama Perguruan Tinggi Negeri
Situs Resmi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
Universitas Jambi (UNJA)                                      
57
58
59
60
61
62
63
 










Info Lainnya pada SNMPTN 2016/2017
  • Untuk siswa pelamar yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, bisa mengajukan bantuan biaya pendidikan yang disebut bidikmisi ke alamat "bidikmisi.dikti.go.id". 
  • Perubahan informasi bisa dilihat di laman resmi Pendaftaran SNMPTN 2016/2017.                                                                                                                                                                              
Demikian informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017. Semoga informasi di atas bisa memberi panduan kepada anda dalam melakukan pendaftaran online SNMPTN. 

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang memutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia. Admin turut mendoakan semoga anda lulus SNMPTN. Terima kasih telah membaca disini. Salam sukses untuk kita semua
.