ANALISIS BUTIR SOAL, PEDOMAN DAN FORMAT PENILAIAN, Software Penilaian dan Cara Pembelajaran Kurikulum 2013
ANALISIS BUTIR SOAL, PEDOMAN DAN FORMAT PENILAIAN, Software Penilaian dan Cara Pembelajaran Kurikulum 2013
Selamat datang di blog pecinta IPA, nah postingan ini bersahabat dengan para Guru, dan tujuannya untuk mempermudah kinerja Guru agar Profesional. Cara penilaian Numerik atau berdasar angka nampak sedikit demi sedikit di tinggalkan hal ini terbukti pada proses penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 yang lebih bersifat
kualitatif atau deskriptif. Tentunya hal kualitatif ini dalam aspek penilaian "tetapi, namun,sedangkan" cenderung ditinggalkan agar tercipta peserta didik yang penuh semangat,optimis dalam kehidupannya. proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran. Dengan kata lain Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
Pada tingkat dasar lebih mengedapankan aspek sikap atau prilaku sedang pada keilmuannya lebih banyak pada tingkat atasnya,
Buku Pelajaran makin tipis namun makin tebal buku raportnya, hal demikian bukanlah kita harus jauhi mari kita dalam dan ketahui bagaimana tekhnis kurikulum 2013.
kualitatif atau deskriptif. Tentunya hal kualitatif ini dalam aspek penilaian "tetapi, namun,sedangkan" cenderung ditinggalkan agar tercipta peserta didik yang penuh semangat,optimis dalam kehidupannya. proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran. Dengan kata lain Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
Pada tingkat dasar lebih mengedapankan aspek sikap atau prilaku sedang pada keilmuannya lebih banyak pada tingkat atasnya,
Buku Pelajaran makin tipis namun makin tebal buku raportnya, hal demikian bukanlah kita harus jauhi mari kita dalam dan ketahui bagaimana tekhnis kurikulum 2013.
A. CARA ANALISIS BUTIR SOAL KURIKULUM 2013
Dalam kurikulum 2013 banyak hal yang perlu dipersiapkan, Mengajar bukan jadi masalah,hanya penilaiiannya yang lebih susah, jadi agar anda paham mengenai cara atau teknik analisis soal dalam kurikulum 2013 ini disediakan berbagai aplikasi. Berikut adalah Aplikasi Analisa Butir Soal :1. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Kosong.xls
2. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda.xls
3. Analisis Butir Soal Uraian Kosong.xls
4. Analisis Butir Soal Uraian.xls
5. Hasil Penilaian Kosong.xls
6. Hasil Penilaian.xls
Post a Comment