Cara Membuat Drop Down Menu List Di Excel


cara membuat drop down menu di excel

Cara Membuat Drop Down Menu List Di Excel
membuat drop down list di excel ini berfungsi untuk mempermudah kerja kita dalam mencari data yang akan dimasukkan sebagai contoh sobat excel ingin memperbolehkan nama kota tertentu saja yang ingin di isikan di sebuah sel. Nama kota tersebut harus sesuai dengan daftar kota yang kita miliki. Tentu saja akan merepotkan sekali bila kita harus bolak-balik ke sheet atau folder lain untuk melihat daftar kota. Oleh karena itu untuk mempermudahnya sobat excel dapat membuatnya dalam bentuk pilihan item denganDropdown List. Untuk membuat Drop down Menu List di Microsoft Excel sobat dapat menggunakan langkah berikut :

  1. Pilih sel atau blok sel yang akan dibuat dropdown List
  2. Lalu klik ribbon Data
  3. Selanjutnya klik tombol Data Validation yang terletak pada grup Data tools
  4. Selanjutnya akan diberikan Dialog Data Validation
  5. Pilih tab Settings
  6. Lalu ubah isi kotak  Allow dengan memilih item List
  7. Kemudian ubah isi kotak Source dengan range sel daftar item yang akan digunakan, untuk mudahnya klik tombol untuk memilih range sel kemudian pilih sel yang akan menjadi daftar pilihan pada dropdown list
  8. Klik tombol OK
    Cara Membuat Drop Down Menu List Di Excel
    Gambar Rumus Choose dalam Ms. Excel
  9. Jika sobat meletakkan kursor pada sel yang telah dibuat validasi datanya tadi maka Ms Excel akan langsung menampilkan tombol dropdown disebelah sel tersebut. Klik tombol tersebut lalu pilih item yang ada, dalam contoh ini saya pilih Surabaya

cara membuat drop down list di excel beda sheet 

Saya akan menggunakan sampel harga buku. Misalkan saya punya daftar harga buku yang masing-masing dibagi dalam Jenis Buku SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Masing-masing dalam sheet yang beda (lihat gambar).
dropdown_beda_sheet Cara Membuat Drop Down Menu List Di Excel
Nah, yang ingin saya tampilkan adalah, sebuah formulir pemesanan, yang bisa memilih  Jenis Buku, lalu judulnya, maka harganya akan segera muncul secara otomatis.
Dari Sheet Harga buku, saya menambah 2 sheet lagi yaitu dummy dan Nota.
Sheet dummy digunakan untuk menyimpan data-data seperti alamat range dan sebagainya
Sheet Nota digunakan untuk memperlihatkan nota pembelian yang siap diprint
nota pembelian Cara Membuat Drop Down Menu List Di Excel

sebenarnya, lebih mudah bila buku ditulis kodenya saja, lalu Judulnya bisa muncul secara otomatis. Dengan drop down seperti contoh ini, kalau jumlah bukunya ribuan, tentu akan menyulitkan pengguna.
Download File contoh disini