Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Format Terbaru
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dibuat dan dimiliki oleh setiap Guru. Seiring perubahan kurikulum, pembuatan RPP senentiasa mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pada kesempatan kali ini kami bagikan Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang merupakan format RPP terbaru.
Point utama yang membedakan RPP Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2017 dengan versi tahun sebelumnya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat tenaga pendidik harus memunculkan dan menginsert empat macam point yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas tenaga pendidik untuk meraciknya menjadi RPP yang utuh.
A. Perbaikan atau revisinya antara lain:
1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas atau 7 Karakter untuk mapel IPS dari 18 Karakter prioritas.
2. Mengintegrasikan literasi dan menginsert literasi dalam RPP baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran.
3. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level 3/C4 s/d C6)
Berikut Contoh RPP Kurikulum Revisi 2017 Format Terbaru
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas/Semester
: X /Ganjil
Materi
Pokok : Meniti Hidup dengan Kemuliaan
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI-1:Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
|
·
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
|
2.1
Menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait.
|
·
Menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait.
|
3.1
Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10
dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
|
·
Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10
dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
·
Menjelaskan makna isi Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri (mujāhadah
an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan (ukhuwwah) dengan
menggunakan IT.
|
4.1.1
Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan
12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.
4.1.3
Menyajikan hubungan antara
kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait.
|
·
Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
·
Menyajikan model-model jenis cara
membaca indah Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang
kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan
(ukhuwwah).
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.
·
Meneliti secara lebih mendalam
pemahaman dan pembentukan perilaku berdasarkan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S.
al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik
(husnużżhan), dan persaudaraan (ukhuwwah) dengan menggunakan IT
·
Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan
12, serta Hadis terkait.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
2.
Menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait.
3.
Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan
12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
4.
Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
5. Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.
D.
Materi
PembelajaranMenyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12, serta Hadis
terkait
a. Menyajikan
model-model jenis cara membaca indah Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
/49:10 tentang kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan),
dan persaudaraan (ukhuwwah).
b. Menjelaskan
makna isi Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri
(mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan (ukhuwwah)
dengan menggunakan IT.
c.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri (mujāhadah
an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan (ukhuwwah)dengan
menerapkan berbagai jenis nada bacaan secara baik dan lancar.
d. Memberikan
tambahan bacaan ayat al-Qur’ān dan hadis-hadis yang mendukung lainnya, tentang
kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan
(ukhuwwah).
e.
Meneliti secara lebih mendalam pemahaman
dan pembentukan perilaku berdasarkan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
/49:10 tentang kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan),
dan persaudaraan (ukhuwwah) dengan menggunakan IT yang dapat dilakukan peserta
didik dengan tidak terikat oleh waktu tatap muka di dalam kelas, seperti: di
perpustakaan, di luar kelas, di rumah, dll.
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
Al-Qur’an
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas
X, Kemendikbud, tahun 2016
·
e-dukasi.net
·
Buku refensi yang relevan,
·
LCD Proyektor
·
Film Tawuran Pelajar
·
Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·
Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
·
Lingkungan setempat
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Membaca Q.S.
Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkaitberlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkaityang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Membaca
Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkaityang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Membaca
Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkaitkepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Skala Sikap
Berilah
tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan
yang tersedia!
No
|
Pernyataan
|
Kebiasaan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
||
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
||
1
|
Saat
ada bisikan hawa nafsu untuk berbuat maksiat, saya segera membaca ta’awu.
|
||||
2
|
Saya
puasa Senin-Kamis untuk mengendalikan diri dan mendekatkan diri kepada Allah
Swt.
|
||||
3
|
Saya
meminta maaf kepada teman jika saya bersalah.
|
||||
4
|
Saya
mudah memaafkan kesalahan teman.
|
||||
5
|
Saya
optimis mampu meraih citacita.
|
||||
6
|
Saya
membaca istighfar ketika melakukan kesalahan.
|
||||
7
|
Saya
bertutur kata lemah lembut kepada teman.
|
||||
8
|
Saat
berjumpa teman, saya menyapa dengan ramah.
|
||||
9
|
Saya
menghormati perbedaan pendapat.
|
||||
10
|
Saya
menjaga persaudaraan dengan sesama mukmin.
|
Nilai
akhir = Jumlah skor yang diperoleh
peserta didik× 100
skor
tertinggi 4
2. Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Rubrik
Pengamatannya sebagai berikut:
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
Dst
|
Aspek
yang dinilai : 1. Kelancaran Skor
25 → 100
2. Artinya
Skor 25 → 100
3. Isi Skor 25 → 100
4. Dan
lain-lain Skor dikembangkan
Skor
maksimal…. 100
Rubrik
penilaiannya adalah:
1)
Kelancaran
a) Jika
peserta didik dapat membaca Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt sangat
lancar, skor 100.
b) Jika
peserta didik dapat membaca Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt lancar,
skor 75.
c) Jika
peserta didik dapat membaca Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt tidak
lancar dan kurang sempurna, skor 50.
d) Jika
peserta didik tidak dapat membaca Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt,
skor 25
2)
Arti
a) Jika
peserta didik dapat mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
dengan benar, skor 100.
b) Jika
peserta didik dapat mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
dengan benar dan kurang sempurna, skor 75.
c) Jika
peserta didik tidak benar mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt,
skor 50.
d) Jika
peserta didik tidak dapat mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt,
skor 25.
3)
Isi
a) Jika
peserta didik dapat menjelaskan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
dengan benar, skor 100.
b) Jika
peserta didik dapat menjelaskan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
dengan mendekati benar, skor 75.
c) Jika
peserta didik dapat menjelaskan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
dengan tidak benar, skor 50.
d) Jika
peserta didik tidak dapat menjelaskan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt,
skor 25.
4)
Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika
ditemui kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada
situasi dan kondisi yang berkembang
3.
Penilaian
Diskusi
Peserta
didik berdiskusi tentang memahami makna Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S.
al-Hujurāt.
Aspek
dan rubrik penilaian:
1) Kejelasan
dan ke dalaman informasi
(a) Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap
dan sempurna, skor 100.
(b) Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan
kurang sempurna, skor 75.
(c) Jika
kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang
lengkap, skor 50.
(d) Jika
kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi,
skor 25.
Contoh
Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan Kedalaman
Informasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
||||||||
Dst.
|
2) Keaktifan
dalam diskusi
(a) Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b) Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c) Jika
kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d) Jika
kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh
Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Keaktifan dalam Diskusi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
||||||||
Dst.
|
3) Kejelasan
dan kerapian presentasi/ resume
(a) Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi,
skor 100.
(b) Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.
(c) Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang
rapi, skor 50.
(d) Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak
rapi, skor 25.
Contoh
Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan Kerapian
Presentasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
||||||||
Dst.
|
4. Pengayaan
Dalam
kegiatan pembelajaran membaca dengan tartil, memahami dan menerapkan perilaku
mulia Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri,
berprasangka baik, dan persaudaraan, bagi peserta didik yang sudah menguasai
materi dengan baik, peserta didik dapat melanjutkan proses pengayaan yang telah
disiapkan oleh guru berupa tugas-tugas atau pertanyaanpertanyaan yang berkaitan
dengan bacaan ayat-ayat al-Qur’ān dan hadis atau model- model pengembangan
lainnya, khususnya yang terkait dengan bahan kajian, penugasan, dan soal-soal
yang bersumber dari pengembangan materi.
Tugas
guru berikutnya adalah, mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan. Penilaian pada pengayaan ini, sebagai
rangkaian proses pembelajaran yang menggambarkan tingkat keberhasilan
pembelajaran dan sekaligus kualitas pengajaran yang mengacu kepada perkembangan
penerapan perilaku mulia berdasarkan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
/49:10. Dalam hal ini, guru dapat melakukan penilaian pada berbagai macam
bentuk, kemudian guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik
yang berhasil dalam proses pengayaan.
5. Remedial
Bagi
peserta didik yang belum menguasai materi membaca dan menghafal dengan tartil
Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 guru menjelaskan kembali
materi tentang pemahaman dan penerapan perilaku “Mempertahankan Kejujuran
sebagai Cermin Kepribadian” tersebut, dan melakukan penilaian kembali (lihat
poin 6) dengan soal yang sejenis atau setara.
Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, seperti: boleh pada
saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau diluar jam pelajaran, pada
umumnya 30 menit setelah pulang sekolah.
Usahakan
guru dapat menjelaskan dan menekankan kembali materi tentang penerapan perilaku
kontrol diri, berprasangka baik, dan persaudaraan berdasarkan, Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 dan melakukan penilaian kembali
dengan soal yang sejenis (yang telah diujikan) atau yang dikembangkan dan
setara bobotnya, sesuai dengan situasi yang berkembang.
6. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi
guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta
peserta didik memperlihatkan kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta
didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat
juga dengan mengunakan bukupenghubung kepada orang tua tentang perubahan
perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau
berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang
perkembangan kemampuan membaca, menghafal, dan memahami peserta didik, terkait
dengan materi memahami kajian meniti hidup dengan kemuliaan, berdasarkan, Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10.
Untuk
mengetahui keberhasilan peserta didik dalam pengamalan agamanya, khususnya
penerapan perilaku kontrol diri, prasangka baik dan persaudaraan, melalui
pemahaman, meniti hidup dengan kemuliaan, berdasarkan, Q.S. al- Hujurāt/49:12
dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 guru dapat melakukannya berdasarkan tugas-tugas dari
beragam aktivitas yang diminta kepada peserta didik untuk menanggapi,
melakukan, dan menyelesaikan tugas, yang berada pada setiap kajian, kemudian
orang tuanya turut memberikan komentar dan paraf.
Guru dapat mengembangkannya
dengan memfasilitasi peserta didik untuk memperhatikan kolom “Menerapkan
Perilaku Mulia”. Kemudian, guru mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (√) pada kolom ‘selalu’, ‘sering’, ‘jarang’ atau ‘sudah
menerapkannya dengan baik’, ‘kadang-kadang menerapkannya, ‘akan menerapkannya’,
dll. (guru dapat mengembangkannya berdasarkan situasi dan kondisi) dalam buku
teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf,
tentang kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżan), dan
persaudaraan (ukhuwwah)
……….............……..,...
Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Post a Comment