BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.
BIDIKMISI memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut:
  1. Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya
  2. Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran
  3. Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa dan dari luar kota)
  4. Bebas biaya pendidikan sampai selesai yang dibayarkan kepada Politeknik Negeri Pontianak
  5. Subsidi biaya hidup sebesar Rp 650.000,- / bulan
Petunjuk Teknis Bidikmisi 2015 untuk Sekolah dapat di unduh DI SINI
Petunjuk Teknis Bidikmisi 2015 untuk Siswa dapat di unduh DI SINI
Petunjuk dan Formulir Isian Bidikmisi 2015 dapat di unduh DI SINI
Jadwal (Tentatif):
  1. Pendaftaran                                :    05 Jan – 01 Mei 2015
  2. Visitasi                                        :    04 – 22 Mei 2015
  3. Tes Kesehatan                           :    28 – 29 Mei 2015
  4. Pengumuman                            :    01 Juni 2015
  5. Daftar Ulang                               :    08 – 12 Juni 2015
Syarat Pendaftaran:
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain (sederajat)
    yang akan lulus tahun 2015
  2. Untuk lulusan 2014 dilengkapi surat keterangan lulus, fotokopi (nilai UAN, Ijazah dan rapor smt 1 s.d 6) yang dilegalisir.
  3. Usia paling tinggi saat mendaftar 21 tahun
  4. Kurang mampu secara ekonomi sbb
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/walisebesar-besarnya Rp 3.000.000,00/bulan
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 750.000,00/bulan
    • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4
  5. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan kepala sekolah, yaitu masuk peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah/jurusan dengan rincian Akreditasi sebagai berikut:
    A : 50% terbaik konsisten smt 3, 4 dan 5
    B : 30% terbaik konsisten smt 3, 4 dan 5
    C : 15% terbaik konsisten smt 3, 4 dan 5
  6. Pertimbangan khusus selain syarat di atas juga memiliki prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau non kompetitif (contoh : Ketua OSIS)
  7. Potensi di atas dinyatakan dengan rekomendasi dari kepala sekolah atau kepala dinas kabupaten/kota
  8. Pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar pada 2 program studi yang ada di Polnep
  9. Memiliki kesehatan yang memadai dan tidak buta warna(Prodi tertentu).
Tahapan Pendaftaran:
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke : http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id dengan melampirkan hasil pindaian/scan untuk mendapatkan NISR (Nomor Identitas Sekolah Pemberi Rekomendasi). Untuk yang sudah memiliki NISR dapat langsung ke tahap 2.
  2. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id dengan menggunakan NISR untuk mendapatkan kode akses bagi masing masing siswa yang direkomendasikan.
  3. Calon yang direkomendasikan melakukan pendaftaran On-Line melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id dan mencetak serta melampirkan persyaratan untuk  dikirim kepala sekolah secara kolektif ke Polnep.
  4. Sekolah dan atau calon yang tidak dapat melakukan tahapan pendaftaran bidik misi secara On-Line untuk seleksi mandiri karena alasan yang dapat dibenarkan, maka:
    • Calon mengisi formulir yang disediakan oleh sekolah (formulir dapat diunduh di SINI atau www.bidikmisi.dikti.go.id),
    • Selanjutnya formulir dan berkas persyaratan lainnya disampaikan kepada Kepala Sekolah. Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi, formulir pendaftaran beserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif ke Polnep sesuai dengan pilihan calon. ( Berkas yang dikirim ke Polnep dalam keadaan tidak lengkap  tanpa adanya konfirmasi dari Kepala Sekolah, maka berkas tidak dapat diproses pada tahap selanjutnya).
Berkas yang harus dikirim:
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi pas foto berwarna (latar biru untuk laki-laki dan latar merah untuk perempuan) ukuran 4×6 (2 lembar)
  • Fotokopi kartu tanda siswa (KTS)
  • Fotokopi rapor semester 3, 4 dan 5 yang dilegalisir (untuk siswa yang akan lulus tahun 2015)
  • Fotokopi rapor semester 1 sampai dengan 6 yang dilegalisir (untuk siswa yang lulus 2014)
  • Surat keterangan tentang peringkat di kelas dan bukti pendukung prestasi lain dibidang ko-kurikuler dan ekstrakulikuler (legalisir) oleh kepala sekolah
  • Surat keterangan penghasilan orang tua/wali atau surat  keterangan tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya dari lurah
  • Fotokopi daftar gaji yang dilegalisir pimpinan bagi orang tua/wali yang bekerja sebagai PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD dan Pegawai Swasta
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Rekening listrik bulan terakhir atau PBB
  • Sketsa lokasi rumah pelamar
  • Foto Tampak Depan dan Samping Rumah
  • Foto pelamar bersama keluarga
Tahap Seleksi:
Tahap I : Seleksi Administrasi
Berkas yang tidak lengkap tanpa konfirmasi dari Kepala Sekolah maka tidak lulus seleksi administrasi
Tahap II : Seleksi Penilaian Berkas
Berkas yang lengkap akan dinilai berdasarkan kemampuan ekonomi keluarga, kemampuan akademik siswa serta prestasi yang dimiliki
Tahap III : Seleksi Visitasi
Kunjungan ke rumah siswa dilakukan untuk melihat langsung kondisi kemampuan ekonomi  keluarga siswa