KUMPULAN CONTOH PTK BIOLOGI TERLENGKAP


cob

KUMPULAN CONTOH PTK BIOLOGI TERLENGKAP

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL TPS PADA SISWA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2014
BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikanlain, dan peningkatan mutu manajemen sekolah, namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang memadai.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia  tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan, pengembangan/penulisan materi ajar, erta pengembangan paradigma baru dengan metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
Apa yang menjadikan belajar aktif ? Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about danthinking aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Namun kenyataannya di lapangan seperti yang dialamai sebagai guru biologi di SMP xxxxxx, siswa merasa kesulitan untuk meningkatkan hasil belajar yang disebabkan oleh pemahaman konsep dan motivasi siswa rendah, yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu di antaranya adalah kemampuan guru dalam membangkitkan minat siswa melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif.
Salah satu metode untuk membangkitkan apa yang siswa pelajari dalam satu semester proses belajar mengajar adalah metode pembelajaran bagaimana menjadikan belajar tidak terlupakan. Metode ini adalah untuk membantu siswa dalam mengingat materi pelajaran yang telah diterima selama ini. Selain itu metode ini diterapkan pada akhir semester proses belajar mengajar dengan  tujuan untuk membantu siswa agar siap mengahadapi ujian semester atau ujian akhir.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut di atas, maka  penulis perlu melakukan penelitian tindakan sebagai upaya peningkatan minat belajar dengan judul : “ Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) Pada Siswa Kelas VIII SMP xxxxxx tahun pelajaran 2010-2011.”
  1. Identifikasi Masalah
Dari uraian tersebut di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut :
  1. Motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah disbabkan oleh beberapa faktor, salah satu di antaranya adalah faktor guru. Guru dalam menerapkan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional.
  2. Guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif masih kurang tepat, tidak sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang diajarkan.
  3. Kemampuan guru guru dalam menerapkan model pembelajaran inovatif masih rendah sehingga hasil belajar yang dicapai oleh siswa belum mencapai tujuan yang tepah ditetapkan.
  4. Rumusan Masalah
Dari latar belakang dan identifikasi masalah yang dikemukakan di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
  1. Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) Pada Siswa Kelas VIII SMP xxxxxx tahun pelajaran 2010-2011 ?
  2. Bagimana efektivitas penerapan Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan hasil belajar biologi kelas VIII SMP xxxxxx tahun pelajaran 2010-2011 ?
  3. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui sebagai brikut :
  1. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) Pada Siswa Kelas VII SMP xxxxxx tahun pelajaran 2010-2011.
  2. Efektivitas penerapan Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan hasil belajar biologi kelas VIII SMP xxxx tahun pelajaran 2010-2011.
  3. Manfaat Penelitian
Hasil dari penelitian tindakan  ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
  1. Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Biologi.
  2. Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran Biologi.
  3. Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Biologi.
  4. Guru mejadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya inovatif  sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajaran yang dipakainya.
  5. Meningkatkan kemampuan guru untuk memecahkan permasalahan yang muncul dari siswa
  6. Membantu memberikan informasi peningkatan kemampuan siswa