Aplikasi Nilai Raport KTSP Excel


Hai, pembaca.. supaya keliatan keren saya buat judulnya aplikasi raport ktsp, walaupun sebenarnya cuma tabel di excel dengan rumus sederhana yang pastinya temen2 operator sudah paham betul. Soal aplikasi rapot yang sempat sering diperbincangkan karena pemberlakuan kurikulum 2013.
Aplikasi  berbasis excel seperti ini mudah kita temukan apabila kita mencarinya di google. Tapi dalam hal ini saya mencoba belajar membuat aplikasi2 sendiri lah, walupun masih sangan sederhana. Sangat jauh apabila disandingkan dengan aplikasi serupa, apalagi yang sudah memakai vba atau macro seperti aplikasi ini.
Aplikasi hitung nilai raport yang coba saya buat ini, memakai dasar daftar nilai yang bapak dan ibu guru di tempat saya digunakan.  Tabel daftar nilai saya buat sesuai format kemudian sya kasih rumus rata-rata dan rumus nilai raport. Rumus rata-rata menggunakan juga fungsi ROUND, untuk lebih jelas mengennai pembulatan dengan rumus round bisa dilihap pada postingan Pembulatan Excel dengan Rumus Round Setelah itu saya membuat raport sementara dengan rumus hlookup dan vlookup. Untuk mempermanis tampilan saya kasih warna hehe. Selain itu saya buat data validasi yang tujuannya misal seperti ini cell hanya bisa diisi angga 10 – 100. Saya juga menambah conditional formating, ndak tau nulisnya salah apa benar, hiihii.. ini fungsinya biar nilai yang di bawah KKM menjadi beda, misalnya jadi berwarna merah. Keren kan??  hhehe

Biar lebih keren lagi saya buat seperti installer, jadi sebelumnya harus ekstrak dulu, kemudian bisa dibuatkan shorcut di dekstop, sehingga seperti aplikasi profesional :D
 
Berikut tampilan screen shoot nya, biar ada yang download,,, hehe
rata-rata dengan pembulatan fungsi round
aspek nilai (tertulis,lisan,perbuatan)

tampilah halaman depan


dilengkapi link ke postingan blog ini dan cek koneksi internet

dilengkapi grafik nilai per kegiatan (ulhar,tugas,uts,uas) dan permapel
Sekian, dan terima kasih
semoga bermanfaat



aplikasi download v6 masih ada kesalahan pada sheet print pada rumus rata2 nilai rata2 tugas, masih menghitung kolom 1-4. harusnya 1-5. rumus nya =IFERROR(ROUND(AVERAGE(N11:Q13);0);"") yang benar adalah =IFERROR(ROUND(AVERAGE(N11:R13);0);"") kemudian drag sampai bawah..



terima kasih kepada 08536603xxxx yang telah mengirim pulsa, semoga berkah

semoga bermanfaat,

==============
update 14/2/2015
Untuk menjaga keamanan saya coba tambahkan form login dengan menggunakan macro,
Selain itu karena munkin jumlah siswa mencapai 50, maka dibuat 50 siswa.
Jika siswa ternyata misal hanya 28, maka kita gunakan fungsi short agar menampilkan sesuai
jumlah siswa


Aplikasi pengolah nilai ktsp excel

*Suport 50 siswa
*Menampilkan sejumlah siswa
*Login dengan paswword
*Ganti password
*Form 3 in 1 (tulis,lisan,praktik)
*Raport sementara
*Rata-rata fungsi round
*Ranking
*Grafik
*unprotect sheet
*Free