CONTOH PROPOSAL BLOCK GRANT DANA BANTUAN LANGSUNG PEMBERDAYAAN MGMP
BAB I
A. Latar Belakang
Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (MGMP PKn) Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan forum yang sangat strategis untuk membahas berbagai hal yang berkenaan dengan masalah-masalah dibidang pendidikan, khususnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dewasa ini.
Perkembangan pendidikan di Indonesia dewasa ini, yang demikian cepat menuntut para pendidik untuk dapat meningkatkan kinerjanya dan lebih profesional, baik dalam tahapan persiapan belajar mengajar, seperti dengan menyiapkan perangkat administrasi guru maupun dalam tataran praktek cara mengajar, sehingga proses belajar mengajar tersebut dapat berlangsung efektif dan efisien dengan output (hasil belajar) dirasakan oleh peserta didik yang berupa aspek pengetahuan konsep, keterampilan, sikap, nilai-nilai yang direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari, juga benar-benar menempatkan siswa sebagai subyek pendidikan, sesuai dengan acuan kurikulum yang berbasis Contektual Teaching and Learning (CTL).
Perubahan Kurikum Pendidikan, dari Kurikulum 1994 yang berbasis Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), yang lebih mengutamakan pencapaian target materi pembelajaran kurikulum. Kemudian Kurikulum 2004 yang disebut dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), pada Kurikulum 2004, diarahkan untuk lebih mencapai kompetensi siswa bukan kepada target materi pembelajaran, sehingga diharapkan siswa dapat lebih kompeten dan cerdas dalam membangun identitas budaya dan bangsa, melalui dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, pengalaman belajar yang dapat membangun integritas sosial serta membudayakan dan mewujudkan karakter nasional.
Dalam perjalanannya Kurikulum KBK 2004, kemudian berubah nama dengan lahirnya kurikulum baru, yang dikenal dengan sebutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Tahun 2006. Pada prinsipnya Kurikulum KTSP tidak jauh berbeda dengan Kurikulum KBK, hanya saja pada KTSP tingkat satuan pendidikan atau Sekolah yang mempunyai kewenangan untuk menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan mengacu kepada Standar isi yang ditetapkan oleh Pemerintah atau Departemen Pendidikan, sedangkan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tidak jauh berbeda dengan Kurikulum KBK, yaitu dengan mengacu kepada belajar tuntas, artinya semua Kompetensi Dasar (KD) harus tuntas atau harus sampai dikuasi oleh peserta didik. Karena itu kemudian guru atau pendidik harus menentukan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) atau Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM). Dengan berpedoman kepada Kriteria penetapan SKBM/KKM/SKM yaitu dengan melihat kepada Tingkat Essensial, Daya Dukung, Intake Siswa atau tingkat rata-rata kemampuan siswa masing-masing Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (Lihat Pedoman Penentuan SKBM/SKM/KKM).
Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kami Pengurus MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang terus menerus mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) se- Kabupaten Pandeglang, sehingga diharapkan adanya persamaan persepsi dan pemahaman terhadap Kurikum KTSP tersebut, lebih dari itu dapat melaksanakannya sesuai dengan yang digariskan oleh Kurikulum KTSP dengan baik dan profesional, khususnya bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
B. Dasar Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan proposal bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas MGMP SMP, yaitu :
1. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 : Pembukaan pada alenia 4, dan Bab XIII Pendidikan, pasal 31, ayat (1) dan ayat (2);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional, Bab XI Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, pasal 30 sampai pasal 44;
3. Permen Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 tahun 2009 tentangFungsional Jabatan Guru dan Angka Kreditnya.
4. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
5. Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002;
6. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
7. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
8. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya;
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah;
10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
12. Edaran Pemberitahuan Disdik bidang PMP Kabupaten Pandeglang tanggal 4 Juni 2012, tentang usulan pengajuan proposal Blockgrant Pembinaan Karir melalui MGMP dari Direktorat PPTKPD Kemdikbud tahun 2012.
C. Tujuan
1. Tujuan diadakannya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP, adalah untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) baik dalam merencanakan ataupun melaksanakan proses pembelajaran serta mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil kegiatan pembelajaran.
2. Memahami dan meningkatkan kinerja guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) serta meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan perubahan dunia pendidikan saat ini
D. Sasaran
Sasaran Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah guru-guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang mengajar di SMP wilayah di Kabupaten Pandeglang.
Mengenai Sasaran Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah peningkatan Profesinalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan memahami perkembangan dan perubahan Kurikulum yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006), dan mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan Belajar mengajar, sehingga benar-benar memperoleh output yang diharapkan oleh peserta didik.
E. Hasil yang Diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP ini adalah sebagai berikut:
- Peningkatan pemahaman Perencanaan Pembelajaran
- Peningkatan kualitas Pembelajaran
- Peningkatan kemapuan mengembangkan model-model pembelajaran
- Peningkatan kemampuan Pengembangan Inovasi Pembelajaran
- Mengembangkan bahan ajar
- Peningkatan kemampuan mengembangkan media pembelajaran.
- Peningkatan kemampuan mengembangkan evaluasi.
F. Manfaat Kegiatan
Manfaat kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah sebagai berikut:
a) Manfaat bagi guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah:
1. Terciptanya jalinan silaturahim antar pengurus, anggota, dan seluruh guru-guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di wilayah di Kabupaten Pandeglang.
2. Peningkatan kemampuan membuat dan menyusun program kegiatan belajar mengajar, seperti mengembangkan inovasi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan Rencana Program Pengajaran (RPP), penetapan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan pengembangan bahan ajar.
3. Peningkatan kemampuan atau kompetensi dalam pengelolaan proses pembelajaran dan evaluasi
4. Peningkatan Profesionalisme guru secara menyeluruh.
b). Manfaat bagi Siswa/Peserta didik adalah :
1. Mendapatkan pengajaran yang baik dari guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) secara profesional
2. Dapat menyerap semua materi pelajaran dengan baik, sesuai dengan aturan yang digariskan oleh kurikulum
3. Dapat melaksanakan dan mempraktikkan materi yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari-hari
c). Manfaat Bagi Sekolah/Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
1. Memperoleh tenaga pengajar/guru yang profesinal sesuai dengan bidangnya
2. Adanya pemahaman yang sama terhadap perubahan pendidikan, dengan lahirnya model-model pembelajaran.
3. Sekolah bersama-sama dengan perangkatnya dapat merumuskan dan menjabarkan perubahan kurikum ditingkat satuan pendidikan.
4. Sekolah dapat merumuskan visi dan misi sekolah sesuai dengan perkembangan dan perubahan dunia pendidikan
G. Dampak
Dampak yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan MGMP pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan
1) Meningkatkan frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar pikiran dan pengalaman antara anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
2) Meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang dibuktikan dengan melalui perubahan prilaku, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan karir;
3) Meningkatkan keberdayaan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
4) Meningkatnya pengajuan kenaikan pangkat, golongan, ruang, dan jabatan fungsional guru SMP kabupaten Pandeglang;
5) Meningkatnya karir guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
6) Meningkatnya kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
7) Meningkatnya kinerja guru dan kebermaknaan pendidikan;
8) Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.
BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM DALAM
1 TAHUN TERAKHIR
A. Rekapitulasi dan Deskripsi Program satu Tahun Terakhir
1. Peserta
Peserta MGMP adalah guru-guru mata pelajaran PKn Kabupaten Pandeglang berjumlah 20 orang peserta.
2. Tempat dan Tanggal Kegiatan
Kegiatan MGMP ini dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan.
Tempat Pertemuan 1 s.d. 10 : SMP Negeri 1Kadu Hejo Kabupaten Pandeglang
Waktu Pelaksanaan Kegiatan : Juni 2011 – Maret 2012
3. Kepengurusan
Penanggungjawab : Kabid Pendidikan Menengah Pertama
Pelaksana Teknis : MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP Kabupaten Pandeglang
Ketua MGMP : Mujiarso, M.Pd.
Sekretaris : Maman Haeruman, S.Pd.
Bendahara : Jajuli, S.Pd.
Anggota : Sumarmo
4. Materi
Materi Kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pandeglang tahun 2011 – 2012 adalah sbb:
· Pemahaman tentang pendidikan karakter dan budaya bangsa
· Penyusunan Silabus Kelas VII yang bermuatan pendidikan karakter dan budaya bangsa.
· Penyusunan Silabus Kelas VIII dan Kelas IX yang bermuatan pendidikan karakter dan budaya bangsa.
· Penyusunan RPP Kelas VII dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
· Penyusunan RPP Kelas VIII dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
· Penyusunan RPP Kelas IX dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
· Presentasi Hasil kegiatan
5. Metode dan Teknik
1) Metode yang digunakan dalam kegiatan MGMP ini adalah : Tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual.
2) Teknik yang digunakan pengamatan langsung dan diskusi panel
6. Kehadiran Peserta
Tingkat kehadiran peserta mengikuti kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sangat baik yakni 98%
B. Rincian Pengeluaran Dana
Rincian Pengeluaran dalam Satu Tahun Terakhir
MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pandeglang
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah (Rp)
|
Jumlah
|
1
|
ATK
| ||||
kertas HVS
|
5
|
rim
|
35,000
|
175,000
| |
Kertas Berwarna
|
2
|
rim
|
24,000
|
48,000
| |
Spidol besar (White Board)
|
1
|
pak
|
58,000
|
58,000
| |
Spidol kecil
|
1
|
pak
|
12,000
|
12,000
| |
Bolpoin standard
|
12
|
buah
|
1,000
|
12,000
| |
Buku kecil
|
2
|
buah
|
2,250
|
4,500
| |
Buku besar
|
1
|
buah
|
15,000
|
15,000
| |
Gunting besar
|
1
|
buah
|
7,500
|
7,500
| |
Lem Besar
|
1
|
buah
|
7,000
|
7,000
| |
Hekter
|
1
|
buah
|
15,000
|
15,000
| |
Folio bergaris
|
1
|
pak
|
25,000
|
25,000
| |
Penggandaan/fotokopi materi
|
10
|
buah/
makalah
|
5,000
|
50,000
| |
2
|
Fasilitator
|
10
|
orang
|
120,000
|
1,200,000
|
3
|
Sertifikat
|
20
|
buah
|
5,000
|
100,000
|
4
|
Tranfortasi Pengurus MGMP
|
10
|
kegiatan
|
50,000
|
500,000
|
5
|
Konsumsi
|
10
|
kegiatan
|
200,000
|
2,000,000
|
6
|
Tranfortasi Kunjungan Kelas
|
20
|
orang
|
50,000
|
1,000,000
|
Jumlah total
|
5,229,000
|
C. Bukti Hasil Pelaksanaan Program
Foto Kegiatan Terlampir
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
3.1. Program Kerja
a) Latar Belakang
Guru merupakan salah satu faktor yang dominan dalam menentukan keberhasilan pendidikan, oleh karena itu guru harus memiliki kemampuan dasar melaksanakan tugas yaitu mempunyai dasar 3 keilmuan, kepemimpinan, profesional, pengakuan oleh masyarakat, mempunyai kode etik profesi dan sebagainya. Seorang guru yang professional adalah guru yang berkompeten dan memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya, yang berfungsi sebagai alat maupun pedoman dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam suasana yang menyenangkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Kinerja guru adalah produk, jasa atau prilaku yang diahasilkan seseorang dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, pengajar dan pelatih siswa ketika mengajar di depan kelas, sesuai dengan kriteria tertentu. Kriteria kerja yang dihasilkan guru meliputi pengembangan diri, membuat perencanaan pengajaran yang sistematis, dan profesional dalam kerja baik individu atau tim akan menjadi persepsi bagi siswa yang dibimbingnya.
Peran guru dalam menumbuhkan motivasi dan kreativitas dalam diri siswa sangat besar. Berdasarkan tugasnya guru adalah sebagai fasilitator dan motivator serta sekaligus inspirator dalam kelas. Hal ini menunjukkan pentingnya peranan guru dalam menumbuhkan motivasi da kreativitas dalam belajar siswa. Guru sebagai fasilitator, ia harus dapat memberikan berbagai kemudahan petunjuk, bantuan, dorongan kepada siswa, dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Memberikan petunjuk belajar atau mengarahkan bagaimana agar siswa dapat belajar dengan mudah, dan sekaligus memberikan motivasi yang dibutuhkan siswa.
Pernyataan di atas merupakan kompetensi guru, bila teraplikasikan tentu sangat membanggakan. Namun, berbicara kualitas hasil pendidikan belumlah memuaskan. Banyak faktor yang menyebabkannya mulai dari kompetensi guru yang rendah, sarana dan prasarana yang belum memadai, media pembelajaran yang minim, motivasi belajar siswa yang kurang, serta alokasi dana.yang belum memenuhi kebutuhan.
Sebagai organisasi profesional, MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang memiliki tanggung jawab untuk membantu memecahkan bagian persoalan tersebut. Upaya MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru di antaranya mengadakan Workshop Inovasi Pembelajaran PKn, Penyusunan Bahan Ajar, Seminar Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa, Penyusunan Perangkat Pembelajaran, workshop Lesson Study dan Simposium Pembelajaran PKn. Hal itu untuk memotivasi guru supaya semangat kerja dan mempunyai motivasi tinggi untuk mengembangkan karirnya. Kegiatan yang diarahkan kepada siswa berupa lomba cipta puisi dan cerpen, serta bimbingan teknis kepada siswa yang akan mengikuti lomba tingkat provinsi dan nasional. Adapun Untuk membantu kekurangan bahan ajar, MGMP telah menyusun panduan materi UjianSekolah Bersatndar Nasional.
b) Tujuan
Adapun tujuan kegiatan MGMPPendidikan Kewarganegaraan (PKn)Kabupaten Pandeglang adalah sebagai berikut :
1) Tujuan diadakannya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP, adalah untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) baik dalam merencanakan maupun melaksanakan proses pembelajaran serta mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil kegiatan pembelajaran.
2) Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terhadappengembangan karirnya. Sehingga,para guru dapat berkreativitas dan termotivasi untuk mengadakan penelitian, inovasi dalampembelajaran, juga membiasakan guru untuk aktif menulis.
3) Meningkatkan kinerja guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) serta meningkatkan mutu pembelajaran, dan mengembangkan karir guru baik yang di daerah maupun di perkotaan
c) Sasaran
Sasaran Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah guru-guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang mengajar di SMP wilayah Kabupaten Pandeglang.
Mengenai Sasaran Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah peningkatan Profesinalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan memahami konsep dan aplikasinya, pengembangan karir seorang guru bagi masa depan, dan tuntutan peningkatan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Pandeglang.
d) Hasil yang Diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah sebagaiberikut:
1. Memberikan konsep dasar tentangPengembangan karir seorang guru, dan Pengembangan Keprofesian bagi anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP Kabupaten Pandeglang;
2. Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki kompetensi professional, sehingga mampu meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas kegiatan pembelajaran, serta dapat pengembangan karis guru anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) ditempat kerjanya masing-masing.
3. Meningkatnya mutu pendidikan, khususnya mata pelajaran PKn di Kabupaten Pandeglang
e) Manfaat
Manfaat kegiatan MGMPPendidikan Kewarganegaraan (PKn)SMP adalah sebagai berikut:
1. Manfaat bagi guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP adalah:
a. Terciptanya jalinan silaturahim antarpengurus, anggota, dan seluruh guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di wilayah Kabupaten Pandeglang.
b. Adanya pemahaman terhadap perkembangan dunia pendidikan, khususnya dengan adanya perubahan dan pergantian kurikulum yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006).
c. Peningkatan Profesionalisme guru, dengan melaksanakan kegiatan persiapan, perencanaan dan implementasinya dalam proses kegiatan belajar mengajar.
d. Adanya pemahaman terhadap konsep dan aplikasi Penelitian Tindakan kelas (PTK) /Classroom Action Researc (CAR), sehingga para guru bisa saling belajar dari realita-realita dan masalah-masalh kesulitan siswa dalam kelas, atau kesulitan gurusituasi-situasi tertentu pada pembelajaran yang diamati dan bagaimana sebaiknya guru-guru menanggapi situasi semacam itu.
2. Manfaat bagi Siswa/Peserta didik adalah :
a) Mendapatkan pengajaran yang baik dari guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sudah memahami KTSP secara profesional
b) Dapat menyerap semua materi pelajaran dengan baik, sesuai dengan aturan yang digariskan oleh kurikulum
c) Dapat melaksanakan dan mempraktikkan materi yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari-hari
3. Manfaat Bagi Sekolah/Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
a. Memperoleh tenaga pengajar/guru yang profesinal sesuai dengan bidangnya
b. Adanya pemahaman yang sama terhadap konsep dan implementasi Pengembangan karir bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).
c. Membantu para pimpinan sekolah untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan MGMP.
d. Sekolah dapat merumuskan visi dan misi sekolah sesuai dengan perkembangan dan perubahan dunia pendidikan
f) Dampak
Dampak yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan MGMP pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan
1) Meningkatkan frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar pikiran dan pengalaman antara anggota MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) se-Kabupaten Pandeglang;
2) Meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang dibuktikan dengan melalui perubahan prilaku, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan karir;
3) Meningkatkan keberdayaan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
4) Meningkatnya pengajuan kenaikan pangkat, golongan, ruang, dan jabatan fungsional guru SMP kabupaten Pandeglang;
5) Meningkatnya karir guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)n Kabupaten Pandeglang;
6) Meningkatnya kegiatan MGMP Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kabupaten Pandeglang;
7) Meningkatnya kinerja guru dan kebermaknaan pendidikan;
8) Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional.
3.2. Rincian Kegiatan
Kegiatan MGMP ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu :
A. Workshop Materi Umum
- Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten
- Strategi desain MGMP
- Pengembangan Profesionalisme Guru
B. Materi Khusus
Lesson study terdiri dari tiga bagian utama:
(1) identifikasi tujuan jangka panjang lesson study (research theme);
(2) pelaksanaan sejumlah research lesson yang akan mengeks-plorasi implementasi research theme; dan
(3) refleksi terhadapa proses lesson study, termasuk pembuatan laporan tertulis.
3.3. Jadwal
:
Jadwal Kegiatan MGMP
Hari
|
Waktu
|
Materi Kegiatan
|
Penyaji
|
Hari Ke-1
|
08.00 – 09.00
09.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 14.15
14.15– 14.30
14.30 – 16.00
16.00 – 16.30
|
Pembukaan
Kebijakan UmumDinas Pendidikan Kab.Pandeglang
Istirahat
Pengembangan Model PembelajaranPKn
Ishoma
Praktek Pengembangan Model PembelajaranPKn
Istirahat
ICT dalam Pembelajaran
Review Kegiatan Hari ke-1
|
Panitia
Unsur Disdik Kab. Pandeglang
Widyaiswara LPMP
Widyaiswara LPMP
Widyaiswara LPMP
Fasilitator
|
Hari Ke-2
|
08.00 – 09.00
09.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 14.15
14.15– 14.30
14.30 – 16.00
16.00 – 16.30
|
Pembukaan
Kebijakan UmumDinas Pendidikan Kab.Pandeglang
Istirahat
Pengembangan Media PembelajaranPKn Berbasis ICT
Ishoma
Praktek Pengembangan Media Pembelajaran BI Berbasis ICT
Istirahat
Presentasi Hasil Praktek
Review Kegiatan Hari ke-2
|
Panitia
Unsur Disdik Kab. Pandeglang
Widyaiswara LPMP
Widyaiswara LPMP
Widyaiswara LPMP
Fasilitator
|
Hari Ke-3
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 14.15
14.15– 14.30
14.30 – 15.30
15.30 – 16.00
|
Bahan Ajar
Istirahat
Praktek Pembuatan Bahan Ajar
Ishoma
Praktek Pembuatan Silabus Berkarater
Istirahat
Lanjutan Praktek Pembuatan Silabus Berkarater
Review Kegiatan Hari ke-3
|
Narasumber Kabupaten
Fasilitator
Narasumber Kabupaten
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke-4
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 14.15
14.15– 14.30
14.30 – 15.30
15.30 – 16.00
|
Pengembangan RPP Plus Karakter Bangsa
Istirahat
Praktek Pengembangan RPP Plus Karakter Bangsa
Ishoma
Lanjutan Pengembangan RPP Plus Karakter Bangsa
Istirahat
Presentasi Hasil Pengembangan RPP
Review Kegiatan Hari ke-4
|
Narasumber Kabupaten
Narasumber Kabupaten
Unsur Pengawas
Unsur Pengawas
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke-5
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15–14.15
14.15– 14.30
14.30 – 15.30
15.30 – 16.00
|
Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Istirahat
Praktek Pengembangan Kisi-kisi Soal Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Ishoma
Praktek Pengembangan Analisis Butir Soal
Istirahat
Praktek Pengembangan Analisis Butir Soal
Review Kegiatan Hari ke-5
|
Narasumber Kabupaten
Fasilitator
Guru Inti/Narasumber
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke 6
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 11.15
11.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 15.30
15.30 – 16.00
|
Pemahaman Tentang Lesson Studi
Istirahat
Penentuan Bahan Ajar atau Materi Untuk Kegiatan Lesson Study (Planning)
Penentuan Model
Pembelajaran Yang akan digunakan (Planning)
Istirahat
Penyusunan secara bersama Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario) sesuai model yang dipilih
Reviu Kegiatan Hari Ke-6
|
Narasumber Kabupaten
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke-7
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 15.30
15.30 – 16.00
|
Penentuan Media yang akan digunakan sebagai model (Tahap Planning)
Istirahat
Pembuatan Media yang akan digunakan sebagai model (Tahap Planning)
Ishoma
Lanjutan Pembuatan Media yang akan digunakan sebagai model
Review Kegiatan Hari ke-7
|
Fasilitator
|
Hari Ke-8
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 15.30
15.30 – 16.00
|
Penentuan Alat Evaluasi yang akan digunakan sebagai model (Tahap Planning)
Istirahat
Pembuatan Alat Evaluasi yang akan digunakan sebagai model (Planning)
Ishoma
Lanjutan Pembuatan Alat Evaluasi yang akan digunakan sebagai model
Review Kegiatan Hari ke-7
|
Fasilitator
|
Hari Ke-9
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.15
12.15– 13.15
13.15– 14.15
14.15 – 14.30
14.30 – 15.30
15.30 – 16.00
|
Pembuatan Silabus dan RPP yang akan digunakan (Planning)
Istirahat
Lanjutan Pembuatan Silabus dan RPP yang akan digunakan (Planning)
Ishoma
Penentun Sekolah yang akan dijadikan Model
Istirahat
Finalisasi Persiapan Menunju Tahap Pelaksaan
Review Kegiatan Hari ke-8
|
Narasumber Kabupaten
Narasumber Kabupaten
Unsur Pengawas
Unsur Pengawas
Fasilitator
|
Hari Ke-10
|
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15– 15.00
15.00 – 15.30
|
Modeling (Pelaksanaan)
Istirahat
Modeling (Pelaksanaan)
Refleksi
Ishoma
Refleksi
Rencana Tindak Lanjut
|
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke-11
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.30
|
Perencanaan Ulang (Hasil Refleksi)
Istirahat
Pembuatan Perencaan Ulang
(RPP, Model Pembelajaran Media, dan Evaluasi)
|
Nara Sumber + Fasilitator
Nara Sumber +
Fasilitator
|
Hari Ke-12
|
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15– 15.00
15.00 – 15.30
|
Modeling (Pelaksanaan)
Istirahat
Modeling (Pelaksanaan)
Refleksi
Ishoma
Refleksi
Rencana Tindak Lanjut
|
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke-13
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.30
12.15 – 13.15
13.15– 15.00
|
Hasil Refleksi (Perencanaan Baru )
Istirahat
Pembuatan Perencaan Baru (RPP, Model Pembelajaran Media, dan Evaluasi)
Istirahat
Lanjutan Perencaan Baru (RPP, Model Pembelajaran Media, dan Evaluasi)
|
Nara Sumber + Fasilitator
Nara Sumber +
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke-14
|
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15– 15.00
15.00 – 15.30
|
Modeling (Pelaksanaan)
Istirahat
Modeling (Pelaksanaan)
Refleksi
Ishoma
Refleksi
Rencana Tindak Lanjut
|
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
Fasilitator
|
Hari Ke-15
|
08.00 –10.00
10.00 – 10.15
10.15– 12.30
12.15 – 13.15
13.15– 15.00
15.00 – 15.30
|
Refleksi Kegiatan LS
Istirahat
Pembuatan Rencana Desiminasi Hasil Kegiatan
Istirahat
Lanjutan Penyusunan Rencana Desiminasi Hasil Rencana Tindak Lanjut
|
Nara Sumber + Fasilitator
Nara Sumber +
Fasilitator
|
Hari
Ke 16
|
08.00 –09.00
08.00 –19.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.15
11.15 – 12.15
|
Pembukaan Deseminasi
Sambutan Kepala Dinas
Istirahat
Desiminasi Hasil
Tanya Jawab
|
Panitia
Kepala Dinas Pend
Fasilitator
Fasilitator
|
3.4. Rencana Anggaran
A. Sumber Dana
Seluruh pembiayaan yang berkaitan dengan Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja PTK SMP Tahun 2012 dibebankan kepada Block GrantPemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP SMP/SALTAKDIK TNI tahun Anggaran 2012.
B. Rincian Rencana Anggaran
Kegiatan
|
Sasaran
|
Satuan Harga
|
Jumlah
|
Total Dana
|
1. Persiapan
|
670.000
| |||
a. Transport Panitia
|
4 org x 2 keg.
|
Rp30.000
|
240000
| |
b. Konsumsi Panitia
|
4 org x 2 keg.
|
Rp15.000
|
120000
| |
c. Penggandaan
|
2 set x 2 keg.
|
Rp40.000
|
160000
| |
d. ATK
|
1 set x 1 keg.
|
Rp150.000
|
150000
| |
2. Pelaksanaan Program
|
26.710.000
| |||
a. ATK
| ||||
a. ATK Sekretariat
| ||||
HVS
|
6 rim
|
Rp38.000
|
228000
| |
Folio Bergaris
|
4 pak
|
Rp15.000
|
60000]
| |
Stabillo
|
4 bh
|
Rp5.750
|
23000
| |
Gunting
|
2 bh
|
Rp20000
|
40000
| |
Heckter
|
2 bh
|
Rp25.000
|
50000
| |
Isi Heckter
|
2 pak
|
Rp12.000
|
24000
| |
Tinta Printer
|
5 set
|
Rp27.000
|
135000
| |
Spanduk
|
1 bh
|
Rp250.000
|
250000
| |
Sertifikat
|
20 bh
|
Rp10.000
|
200000
| |
b. ATK Peserta
| ||||
Pensil
|
20 bh
|
Rp3.000
|
60000
| |
Penghapus
|
20 bh
|
Rp3.000
|
60000
| |
Map Kabinet
|
20 bh
|
Rp6.000
|
120000
| |
Bolpoin
|
20 bh
|
Rp4.500
|
90000
| |
Pengaris
|
20 bh
|
Rp3.500
|
70000
| |
Fotokopi panduan dan CD
|
20 bh
|
Rp15.000
|
300000
| |
b. Transport
| ||||
1) Transport Peserta
|
20 org x 16 keg.
|
Rp27.000
|
8640000
| |
2) Transport Narasumber
|
2 org x 6 keg.
|
Rp50.000
|
600000
| |
3) Transport Fasilitator
|
2 org x 16 keg.
|
Rp30.000
|
960000
| |
4) Transport Panitia
|
4 org x 16 keg.
|
Rp30.000
|
1920000
| |
c. Konsumsi
| ||||
1) Konsumsi Peserta
|
20 org x 16 keg.
|
Rp15.000
|
4800000
| |
2) Konsumsi Narasumber
|
2 org x 6 keg.
|
Rp15.000
|
180000
| |
3) Konsumsi Fasilitator
|
2 org x16 keg.
|
Rp15.000
|
480000
| |
4) Konsumsi Panitia
|
4 org x 16 keg.
|
Rp15.000
|
960000
| |
d. Honor
| ||||
a) Honor Narasumber
|
2 org x 6 keg.
|
Rp250.000
|
3000000
| |
b) Honor Fasilitator
|
2 org x 16 keg.
|
Rp50.000
|
1600000
| |
c) Honor Panitia
|
4 org x 16 keg.
|
Rp30.000
|
1920000
| |
3. Pelaporan
|
620.000
| |||
a. Transport Panitia
|
4 org x 2 keg.
|
Rp30.000
|
240000
| |
b. Konsumsi Panitia
|
4 org x 2 keg.
|
Rp15.000
|
120000
| |
c. Penggandaan
|
2 set x 2 keg.
|
Rp40.000
|
160000
| |
d. ATK
|
1 set x1 keg.
|
Rp100.000
|
100000
| |
Jumlah Tolal
|
28.000.000
|
BAB IV
P E N U T U P
4.1. Kesimpulan.
Salah satu komponen yang sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah komponen guru dengan segala kinerjanya, khususnya yang berkaitan dengan proses dan inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan diupayakan melalui peningkatan mutu guru. Perilaku guru yang diharapkan adalah guru proaktif dalam implementasi perkembangan teknologi dalam tataran teknik, metodologi, strategi, dan pendekatan dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan upaya revitalisasi kelompok kerja MGMP agar aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh kelompok kerja tersebut dapat memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kompetensi guru.
4.2. Saran.
Pada kenyataannya MGMP yang sudah ada di wilayah sebagian besar belum optimal digunakan sebagai wadah guru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan tugas pokok guru karena pengelolaan dan pandanaannya yang belum memadai. Oleh karena itu kami berharap kelompok MGMP PKn ini terpilih sebagai salah satu penerimaBlock Grant Dana Bantuan Langsung Pemberdayaan MGMP Tahun Anggaran 2012.
Sumber: http://www.subagio.wordpress.com
Post a Comment