CONTOH PROPOSAL MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA


PROPOSAL
PEMBERDAYAAN MGMP


MGMP
:
KIMIA
KABUPATEN
:
PIDIE JAYA
PROVINSI
:
ACEH
KETUA
:
HAMZAH, S.Pd.


DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN PIDIE JAYA
TAHUN 2014

PENGESAHAN



JUDUL            :           Proposal  Pemberdayaan MGMP
MGMP            :           Kimia
KETUA           :           Hamzah, S.Pd.
ANGGOTA     :
No.
NAMA
ASAL SEKOLAH
1.
Yusmarizal, S.Pd

2.
Murniah, S.Pd

3.


4.
Nurjannah, S.Pd

5.
Zainal Abidin, S.Pd

6.
Ahmad Yani, S.Pd

7.
Azizah, S.Pd

8.
Drs. Lukman

9.
Nurkumala,S.Pd

10.


11.


12.


13.


14.


15.


16.


17.




SEKOLAH      :          
ALAMAT        :          
TELPON         :          
Website            :          
Email                :          
HP Ketua         :          


                                                                        Meureudu,
                                                                        MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA
                                                                        Ketua,             




                                                HAMZAH, S.Pd.
                                                NIP.


Mengetahui,
Kabid Pendidikan dan Pengajaran
Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya



XXXXXXXX, S.Sos., M.Si.
NIP. 196401261986031004





KATA PENGANTAR


Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta bertanggung jawab terhadap peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis.

            Salah satu upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional adalah melalui Ppeningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)  merupakan bagian dari upaya terrsebut.

            Banyak persoalan yang dihadapi MGMP dalam rangka mensikapi diterapkan nya KTSP dan program RSKM/SSN, sehingga perlu dilakukan upaya signifikan yang sesuai dengan kebutuhan guru untuk peningkatan mutu pembelajaran yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan.

            MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya merasa perlu untuk turut memberikan kontribusi dan ingin melakukan pemberdayaan MGMP Kimia melalui  pengajuan proposal pemberdayaan MGMP ini.

            Beberapa hal yang diharapkan dalam kegiatan ini, diantaranya dapat mengoptimalkan managemen MGMP, melakukan kegiatan yang sesuai dengan  kebutuhan guru kimia, meningkatkan komitmen terhadap profesi untuk meningkatkan kualiras kinerja dan profesional guru terhadap pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan dalam rangka penjaminan mutu pendidikan nasional.

            Semoga proposal ini dapat memberikan manfaat  bagi banyak pihak.

                                                                     Meureudu,
                                                                        MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA
                                                                        Ketua,             




                                                    HAMZAH, S.Pd.
                                                                        NIP.



DAFTAR ISI


Halaman Judul
Halaman Pengesahan ……………………………………………………………….    i
Kata Pengantar  ……………………………………………………………………..  iii
Daftar isi  ………………………………………………………………………...…   iv

Bab I    Pendahuluan
A. LatarBelakang ……………………………………………………………   
B. Tujuan ……………………………………………………………………  
C. Sasaran …………………………………………………………………..   
D. Hasil Yang  Diharapkan  ………………………………………………..   

Bab II Deskripsi Pelaksanaan  MGMP tahun sebelumnya

Bab III   Rencana Program dan Kegiatan
A. Jenis Prograrn, Tujuan, dan Kegiatan
B. Rencana Anggaran
C. Jadwal Kegiatan

Bab IV Penutup
A Kesimpulan
B. Saran
Iampiran
1. SK PenguruMs GMPK imia SMA Kabupten Pidie Jaya
2. Foto  copy  rekening  Bank  a.n  MGMP  kimia Kab. Pidie Jaya
3. SuratPernyataan





BAB I

PENDAHULUAN



A.        LATAR BELAKANG

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 talrun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikans secara eksplisit menegaskan bahhwa pendidikan  dan tenaga kependidikan harus memiliki kompetensi, kualifikasi, dan  profesionalisme yang terstandar.

Peluang untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan terstandar sangat terbuka luas dan kesempatan untuk memiliki kompetensi tenaga kependidikan dapat diperoleh melalui banyak hal, salah satu umpamanya mengoptimalkan aktifitas MGMP yang prinsip kerjanya adalah cerminan kegiatan “dari, oleh dan untuk guru” mata pelajaran dari semua sekolah. Suatu organisasi nonstruktural yang bersifat mandiri, berasaskan kekeluargaan, dan tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan lembaga lain.

Peningkatan mutu tenaga kependidikan melalui pemberdayaan MGMP sering terkendala beberapa variable, misalnya manajemen MGMP kurang berfungsi secara optimum, Program-program MGMP kurang signifikan dan kurang sesuai dengan kebutuhan guru, dana dukungan operasional MGMP kurang proporsional, MGMP kurang diberdayakan dalam peningkatan pembelajaran yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional, Kompetensi Guru masih rendah,  Komitmen Guru terhadap profesinya masih rendah dan lain-lain.



Disisi lain, penerapan Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) perlu disikapi, apalagi konteksnya dihubungkan dengan upaya menjadikan sekolah sebagai Sekolah Mandiri/SSN. Hal ini tentulah menghendaki sosok guru yang professional dengan kompetensi dan kual ifikasi yang dimilikinya.

Sehubungan dengan begitu besarnya harapan atas peningkatan  kualitas tenaga kependidikan, tetapi masih begitu banyaknya masalah utama yang dihadapi komunitas guru (MGMP), maka Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kabupaten Pidie Jaya berinisiatif mengajukan proposal Pemberdayaan MGMP ini,




B.        TUJUAN

Secara umum pengajuan proposal ini bertujuan untuk memberdayakan MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya dan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru terhadap pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan dalam rangka penjaminan mutu pendidikan nasional


Secara khusus pengajuan proposal ini bertujuan untuk :
  1. Meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai aktivitas di  dalam kegiatan  MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya
  2. Menberdayakan guru inti dan instruktur di MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya
  3. Memetakan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru sehari-hari
  4. Memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi melalui sharing pengalam- an dan belajar dari contoh-contoh praktek yang baik
  5. Memetakan kualifikasi guru dan ikut berperan dalam meningkatakan kualifikasi akademik guru
6.  Memetakan dan ikut berperan dalam proses sertifikasi guru




C.        SASARAN

Sasaran program pengajuan proposal ini adalah:
Guru Kimia Kabupaten Pidie Jaya.


D.        HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dalam program pemberdayaan MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya adalah: 
  1. Terselenggaranya kegiatan MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya  secara berkala dan berkesinambungan.
  2. Guru Kimia Kabupaten Pidie Jaya termotivasi untuk meningkatkan kualitas Kinerja, kualitas kompetensi tenaga kependidikan.
  3. Meningkatkan  Kompetensi profesional guru sehingga memiliki persiapan untuk mengikuti sertifikasai guru.

  
E.         MANFAAT
            Pengajuan proposal pemberdayaaan MGMP ini diharapkan memberikan manfaat kepada berbagai pihak sebagai berikut :

1.    Bagi Siswa, terbuka peluang untuk mengikuti pembelajaran yang menyenangkan,bermakna dan bermutu.
 2.   Bagi Guru, terbuka peluang untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan standar  
      nasional pendidikan melalui berbagai kegiatan di MGMP
4.      Bagi Sekolah, terbuka kesempatan untuk memiliki guru-guru yang kompeten,
5.      profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai standar pendidikan nasional

4.     Bagi MGMP, terbuka kesempatan untuk memberdayakan guru-guru di sekolah, kecamatan, kabupaten Pidie Jaya.

5.    Bagi Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dan Dinas Pendidikan, terbuka kesempatan untuk memiliki guru-guru yang lebih profesional sehingga mutu dan relevansi pendidikan akan meningkat



 BAB II

DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM
DAN KEGIATAN  MGMP TAHUN SEBELUMNYA



Di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupten Pidie Jaya untuk jenjang  pendidikan SMA sampai dengan tengah semester genap tahun pelajaran 2014/2015  telah beberapa kali dilaksanakan pertemuan tingkat guru mata pelajaran yang diorientasikan pada pembuatan perangkat pembelajaran KTSP yang dilaksanakan dalam forum workshop bimbingan teknis KTSP dan in house training yang masih diorientasikan pada peningkatan pemahaman guru mata pelajaran terhadap standar nasional pendidikan.

Selanjutnya, pertemuan di forum MGMP kimia telah berupaya menyusun serangkaian rencana aktifitas rutin sehingga nantinya diharapkan menghasilkan produk MGMP yang dapat membantu peningkatan kualitas pembelajaran kimia di Kabupaten Pidie Jaya.

Banyak saran dan masukan dari rekan guru kimia supaya pertemuan lebih diintensipkan lagi ke arah penguasaan Teknologi Informasi  dan Komunikasi (TIK) sehingga proses pembelajaran kimia berbasis TIK secara perlahan dapat siwujudkan.

Memang secara formal MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya baru terbentuk, karenanya deskripsi kegiatan dalam dua tahun terakhir belum secara sistematis dapat dilaporkan dan nampaknya stimulus proposal pemberdayaan MGMP tahun ini turut menjadi motivasi yang turut mendukung  pada optimalisasi fungsi MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya.



BAB III
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

A. JENIS PROGRAM, TUJUAN, INDIKATOR DAN KEGIATAN
 JENIS PROGRAM
TUJUAN
INDIKATOR
KEGIATAN
1.   Sosialisasi Program Pember dayaan MGMP KIMIA SMA Tahun 2013
Tujuan Kegiatan ini adalah untuk memberikan sosiali-  sasi tentang kebijakan pemerintah dalam pember dayaan MGMP
a.  Peserta memahami kebijakan pemerintah tentang Pemberdayaan MGMP
b.  Peserta memahami fungsi dan manfaat Program Pemberdayaan MGMP Kimia SMA Kabupaten Pidie Jaya

Penyampaian informasi tentang Kebijakan Pemerintah tentang Program Pemberdayaan MGMP

2.   Peningkatan Wawasan Kependidikan





























3.   Peningkatan Kompetensi Akademik





















4.   Peningkatan Kemampuan Paedagogik







5.   Identifikasi Masalah Pembelajaran di Kelas














6.   Pengembangan Wawasan Teknologi Informasi


















7.   Pengembangan Profesi / Pembuatan PTK





Tujuan Kegiatan ini adalah untuk memperluas wawas an kependidikan bagi peserta MGMP.




























Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan materi substansi/akademik mata pelajaran.



















Tujun dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan peserta dalam memfasilitasi pembelajaran secara efektif dan menyenangkan




Tujuan dari kegiatan ini adalah mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran yang dialami guru sehari-hari di kelas












Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penambahan wawasan informasi kepada peserta MGMP dan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi Informasi.















Tujuan Kegiatan ini adalah untuk memberikan dasar-dasar penelitian tindakan kelas kepada peserta.
a.   Peserta memahami filosophi pendidikan dan teori-teori belajar.
b.   Peserta memahami kebijakan pemerintah di bidang pendidikan saat ini.
c.   Peserta memahami Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
d.   Peserta dapat menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
e.  Peserta dapat menyusun Silabus
f.    Peserta dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
g.   Peserta dapat menyusun dan mengembangkan sistem penilaian









a.   Peserta memahami standar isi dan struktur kurikulum mata pelajaran kimia.
b.   Peserta mendapatkan penguatan materi akademik.
c.   Peserta mampu menyusun dan mengembangkan bahan ajar
d.   Peserta dapat menyampaikan dan mencermati kelemahan-kelemahan dan kelebihan-kelebihan dalam sebuah proses pembelajaran.
e.   Peserta dapat merancang dan melaksanakan praktikum dengan baik.


a.   Peserta menguasai model-model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan
b.   Peserta dapat merancang model pembalajaran yang efektif dan menyenangkan.


a.  Peserta dapat secara bersama-sama mengidentifikasi dan inventarisasi masalah yang dihadapi di kelas
b.   Peserta mendapatkan solusi pemecahan masalah yang dihadapi dikelas melalui forum diskusi.
c.   Peserta dapat melakukan “Self identification” masalah yang terjadi di kelas dan mendapatkan solusi pemecahan masalah tersebut


a.   Peserta menguasai dasar-dasar penggunan komputer.
b.   Peserta dapat mengguna kan komputer untuk mem buat adminis trasi peng ajaran. 
c.   Peserta dapat mengguna kan komputer untuk mem buat media presentasi pembelajaran sederhana.
d.  Peserta dapat mengguna kan komputer untuk mela kukan akses internet dasar (browsing dan email)
e.   Peserta dapat melakukan interaksi maya dengan menggunakan internet (mailing list dan weblog)


a.   Peserta memahami konsep, langkah-langkah penulisan Penelitian Tindakan Kelas)
b.   Peserta dapat membuat perencanaan awal pembuatan PTK
c.  Guru dapat menyusun Penelitian Tindakan Kelas

a.   Penyampaian materi Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.
b.   Penyampaian materi Filosophi Pendidikan dan Teori Belajar
c.   Penyampaian materi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.
d.   Penyampaian materi penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru Pemandu
e.   Peserta melaksanakan praktik penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan presentasi hasil kerja
f.   Peserta melaksanakan praktik penyusunan Silabus dan presentasi hasil kerja.
g.   Peserta melaksanakan praktik penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan presentasi hasil kerja.


a.   Penyampaian materi standart isi dan struktur mata pelajaran kimia SMA
b.  Diskusi materi-materi yang dianggap sulit dipahami dan sulit diajarkan pada mata pelajaran Kimia.
c.  Latihan Penyusunan dan pengembangan bahan ajar (diarahkan yang berbasis IT)
d.   Real Teaching, pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas yang dilanjutkan dengan analisa.
e.   Uji Coba Praktikum





a.   Penyampaian materi dan simulasi model-model pembelajaran
b.   Latihan pembuatan rancangan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.



a.   Diskusi pengidentifikasian dan penginventarisasian masalah yang dihadapi di kelas.
b.   Diskusi solusi pemecahan masalah yang dihadapi di kelas.
c.   Simulasi masalah yang di hadapi di kelas dan cara pemecahannya.







a.   Penyampaian materi dasar-dasar komputer dan praktek penggunaannya.
b.   Praktik penggunaan komputer untuk membuat adminstrasi pengajaran (pengolah kata dan pengolah angka)
c.  Praktik penggunakan komputer untuk membuat media presentasi pembelajaran sederhana.
d.   Penyampaian materi internet dasar.
e.   Praktik interaksi maya penggunaan internet





a.  Penjelasan materi tentang konsep dan langkah-langkah penulisan PTK.
b.   Guru melaksanakan praktik pembuatan rencana awal pembuatan PTK
c.  Guru melaksnakan praktik penyusunan PTK




            Berdasarkan sruktur program tersebut secara umum terdapat 7 (tujuh) program MGMP Kabupaten Pidie Jaya yaitu:
1.      Sosialisasi Program Pemberdayaan MGMP KIMIA SMA Tahun 2013
2.      Peningkatan Wawasan Kependidikan
3.      Peningkatan Kompetensi Akademik
4.      Peningkatan Kemampuan Paedagogik
5.      Identifikasi Masalah Pembelajaran di Kelas
      6.      Pengembangan Wawasan Teknologi Informasi
7.      Pengembangan Profesi / Pembuatan PTK

Paling tidak, melalui proposal pemberdayaan MGMP ini dapat direalisasikan beberapa aspek penting yang dilaksanakan meliputi :
1)      penjelasan mengenai kebijakan PMPTK dalam meningkatkan kualitas guru (2jam ),
2)      Pengembangan silabus autentik ( 4 jam ),
3)      Pengembangan RPP autentik ( 4 jam ),
4)      KKM dan Penilaian autentik ( 3 jam ),
5)      Penyusunan Laporan ( 1 jam ),
6)      Evaluasi Diklat ( 1 jam ),
7)      Pengembangan bahan ajar berbasis Kompetensi,
8)      Pengembangan Model – Model Pembelajaran
9)      Pengembangan Media Pembelajaran berbasis kompetensi
10)  Pembuatan alat peraga pembelajaran sederhana
11)  PTK untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran.

Selain itu  diupayakan  produk MGMP untuk pembelajaran berupa LKS (untuk Tugas Mandiri Terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur), LKS  Praktikum, dimulainya upaya pengumpulan/pembuatan soal , identifikasi soal yang diorientasikan pada tersedianya Bank soal.

B.
RENCANA ANGGARAN BIAYA


PENGELOLAAN DANA BLOCK GRANT





Uraian
Persentase

Persiapan


1. ATK
10%

2. Konsumsi

3. Transportasi

pelaksanaan program dan kegiatan
75%

1. Insentif Peserta

2. Insentif Nara sumber (Pemandu)

3. ATK

4. Konsumsi

Laporan dan pemantauan internal
5%

Deseminasi Hasil Kegiatan
10%

Jumlah
100%











Baturaja, 12 Februari 2014


MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA

Ketua,
Bendahara










Hamzah, S.Pd.
Nurjannah, S.Pd





                                                                                                                   
JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
PEMBERDAYAAN MGMP KIMIA KABUAPATEN PIDIE JAYA
TAHUN 2014



NO
KEGIATAN
Keterangan
1
Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan / Kebijakan PMPTK dalam meningkatkan kualitas guru
Workshop
Penyampaian materi standart isi dan struktur mata pelajaran kimia SMA
Workshop
Pengembangan silabus / Pengembangan RPP
Workshop
Pengembangan Model – Model Pembelajaran
Workshop
Penjelasan materi tentang konsep dan langkah-langkah penulisan PTK.
Workshop
2
KKM dan Penilaian autentik
Workshop
Latihan Penyusunan dan pengembangan bahan ajar (diarahkan yang berbasis IT)
Workshop
Praktik penggunakan komputer untuk membuat media presentasi pembelajaran sederhana.
Workshop
Penyampaian materi internet dasar.
Workshop
Praktik interaksi maya penggunaan internet
Workshop
3
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / Silabus
pertemuan 1
4
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
pertemuan 2
5
Real Teaching, pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas yang dilanjutkan dengan analisa.
rutin
6
Diskusi materi-materi yang dianggap sulit dipahami dan sulit diajarkan pada mata pelajaran Kimia.
rutin
7
Diskusi pengidentifikasian dan penginventarisasian masalah yang dihadapi di kelas.
rutin
8
Diskusi solusi pemecahan masalah yang dihadapi di kelas.
rutin
9
Simulasi masalah yang di hadapi di kelas dan cara pemecahannya.
rutin
10
Pengembangan Media Pembelajaran berbasis kompetensi
pertemuan 3
11
Pembuatan alat peraga pembelajaran sederhana
pertemuan 3
12
Pembuatan LKS Praktikum
pertemuan 4
13
Uji Coba Praktikum
rutin
14
Pembuatan LKS (Tugas Mandiri Terstruktur/ Tugas Mandiri Tidak terstruktur)
pertemuan 5
15
Praktek penggunaann komputer untuk  media pembelajaran
pertemuan 6
16
Praktik penggunaan komputer untuk membuat adminstrasi pengajaran (pengolah kata dan pengolah angka)
pertemuan 7
17
Praktik pembuatan rencana awal pembuatan PTK
pertemuan 8
18
Praktik penyusunan PTK
pertemuan 9
19
Penyusunan Bank Soal
pertemuan 10



  
Baturaja, 12 Februari 2014

MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA

Ketua                                          Sekretaris





                               Hamzah, S.Pd.                                 Zainal Abidin , S.Pd







BAB IV
 PENUTUP

A. KESIMPULAN

Program pemberdayaan  MGMP Kimia  Kabupaten Pidie Jaya diyakini merupakan suatu pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan mutu pendidik tenaga kependidikan, langkah yang sangat membantu guru dalam mengembangkan diri dan meningkatkan  kompetensinya untuk menjadi guru yang professional.

Dengan adanya program pemberdayaan MGMP Kimia  Kabupaten Pidie Jaya  diharapkan dapat menumbuhkan  daya  kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran sehingga tercapai  peningkatan prestasi belajar siswa

Guru berkualitas adalah guru yang profesional,  mutu tenaga kependidikan  meningkat menjadi barometer  peningkatan mutu pendidikan secara umum.  Guru yang professional dapat menjadi indikator guru yang berprestasi, guru yang memiliki kompetensi  profesi kependidikan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan  melalaui peningkatan kualitas proses pembelajaran,  karenanya guru tidak boleh untuk terus belajar.


B,  SARAN

Program pemberdayaan MGMP Kimia Kabupaten Ogan Komering Ulu dapat bemanfaat bagi upaya peningkatan kualitas dan prestasi pembelajaran kimia, karenanya dibutuhkan komitmen dan partisipasi seluruh guru kimia kabupaten Pidie Jaya dalam merealisasikan  program-program MGMP Kimia Kabupaten


Pidie Jaya  yang telah disusun, kerjasama yang baik hendaknya dapat diwujudkan,  tanggung jawab bersama adalah kata kunci bagi sebuah keinginan peningkatan managemen MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya.