CONTOH PROPOSAL MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA
PROPOSAL
PEMBERDAYAAN MGMP
MGMP
|
:
|
KIMIA
|
KABUPATEN
|
:
|
PIDIE JAYA
|
PROVINSI
|
:
|
ACEH
|
KETUA
|
:
|
HAMZAH, S.Pd.
|
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN PIDIE JAYA
TAHUN 2014
PENGESAHAN
JUDUL
: Proposal
Pemberdayaan MGMP
MGMP
: Kimia
KETUA
: Hamzah, S.Pd.
ANGGOTA
:
No.
|
NAMA
|
ASAL SEKOLAH
|
1.
|
Yusmarizal,
S.Pd
|
|
2.
|
Murniah,
S.Pd
|
|
3.
|
||
4.
|
Nurjannah,
S.Pd
|
|
5.
|
Zainal
Abidin, S.Pd
|
|
6.
|
Ahmad Yani,
S.Pd
|
|
7.
|
Azizah,
S.Pd
|
|
8.
|
Drs.
Lukman
|
|
9.
|
Nurkumala,S.Pd
|
|
10.
|
||
11.
|
||
12.
|
||
13.
|
||
14.
|
||
15.
|
||
16.
|
||
17.
|
SEKOLAH
:
ALAMAT
:
TELPON
:
Website
:
Email
:
HP
Ketua
:
Meureudu,
MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA
Ketua,
HAMZAH, S.Pd.
NIP.
Mengetahui,
Kabid Pendidikan dan Pengajaran
Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie
Jaya
XXXXXXXX, S.Sos., M.Si.
NIP. 196401261986031004
KATA PENGANTAR
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta bertanggung jawab terhadap peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis.
Salah satu upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional adalah melalui
Ppeningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP) merupakan bagian dari upaya terrsebut.
Banyak persoalan yang dihadapi MGMP dalam rangka mensikapi diterapkan nya KTSP
dan program RSKM/SSN, sehingga perlu dilakukan upaya signifikan yang sesuai
dengan kebutuhan guru untuk peningkatan mutu pembelajaran yang berdampak pada
peningkatan mutu pendidikan.
MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya merasa perlu untuk turut memberikan kontribusi
dan ingin melakukan pemberdayaan MGMP Kimia melalui pengajuan proposal
pemberdayaan MGMP ini.
Beberapa hal yang diharapkan dalam kegiatan ini, diantaranya dapat
mengoptimalkan managemen MGMP, melakukan kegiatan yang sesuai dengan
kebutuhan guru kimia, meningkatkan komitmen terhadap profesi untuk meningkatkan
kualiras kinerja dan profesional guru terhadap pembelajaran sesuai dengan
standar nasional pendidikan dalam rangka penjaminan mutu pendidikan nasional.
Semoga proposal ini dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak.
Meureudu,
MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA
Ketua,
HAMZAH, S.Pd.
NIP.
DAFTAR ISI
Halaman
Judul
Halaman
Pengesahan ………………………………………………………………. i
Kata
Pengantar …………………………………………………………………….. iii
Daftar
isi ………………………………………………………………………...… iv
Bab I
Pendahuluan
A. LatarBelakang
……………………………………………………………
B. Tujuan ……………………………………………………………………
C. Sasaran
…………………………………………………………………..
D. Hasil Yang Diharapkan
………………………………………………..
Bab II
Deskripsi Pelaksanaan MGMP tahun sebelumnya
Bab
III Rencana Program dan Kegiatan
A. Jenis Prograrn, Tujuan, dan Kegiatan
B. Rencana Anggaran
C. Jadwal Kegiatan
Bab IV
Penutup
A Kesimpulan
B. Saran
Iampiran
1. SK PenguruMs GMPK imia SMA Kabupten Pidie Jaya
2. Foto copy rekening Bank
a.n MGMP kimia Kab. Pidie Jaya
3. SuratPernyataan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 talrun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikans secara
eksplisit menegaskan bahhwa pendidikan dan tenaga kependidikan harus
memiliki kompetensi, kualifikasi, dan profesionalisme yang terstandar.
Peluang untuk menjadi tenaga
pendidik yang profesional dan terstandar sangat terbuka luas dan kesempatan
untuk memiliki kompetensi tenaga kependidikan dapat diperoleh melalui banyak
hal, salah satu umpamanya mengoptimalkan aktifitas MGMP yang prinsip kerjanya
adalah cerminan kegiatan “dari, oleh dan untuk guru” mata pelajaran dari semua
sekolah. Suatu organisasi nonstruktural yang bersifat mandiri, berasaskan
kekeluargaan, dan tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan lembaga lain.
Peningkatan mutu tenaga kependidikan
melalui pemberdayaan MGMP sering terkendala beberapa variable, misalnya
manajemen MGMP kurang berfungsi secara optimum, Program-program MGMP kurang
signifikan dan kurang sesuai dengan kebutuhan guru, dana dukungan operasional
MGMP kurang proporsional, MGMP kurang diberdayakan dalam peningkatan
pembelajaran yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan
nasional, Kompetensi Guru masih rendah, Komitmen Guru terhadap profesinya
masih rendah dan lain-lain.
Disisi lain, penerapan Kurukulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) perlu disikapi, apalagi konteksnya dihubungkan
dengan upaya menjadikan sekolah sebagai Sekolah Mandiri/SSN. Hal ini tentulah
menghendaki sosok guru yang professional dengan kompetensi dan kual ifikasi
yang dimilikinya.
Sehubungan dengan begitu besarnya
harapan atas peningkatan kualitas tenaga kependidikan, tetapi masih
begitu banyaknya masalah utama yang dihadapi komunitas guru (MGMP), maka
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kabupaten Pidie Jaya berinisiatif mengajukan
proposal Pemberdayaan MGMP ini,
B.
TUJUAN
Secara umum pengajuan proposal ini
bertujuan untuk memberdayakan MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya dan untuk
meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru terhadap pembelajaran sesuai
dengan standar nasional pendidikan dalam rangka penjaminan mutu pendidikan
nasional
Secara khusus pengajuan proposal ini
bertujuan untuk :
- Meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai aktivitas di dalam kegiatan MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya
- Menberdayakan guru inti dan instruktur di MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya
- Memetakan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru sehari-hari
- Memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi melalui sharing pengalam- an dan belajar dari contoh-contoh praktek yang baik
- Memetakan kualifikasi guru dan ikut berperan dalam meningkatakan kualifikasi akademik guru
6. Memetakan dan ikut berperan
dalam proses sertifikasi guru
C.
SASARAN
Sasaran
program pengajuan proposal ini adalah:
Guru Kimia
Kabupaten Pidie Jaya.
D.
HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dalam program pemberdayaan MGMP
Kimia Kabupaten Pidie Jaya adalah:
- Terselenggaranya kegiatan MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya secara berkala dan berkesinambungan.
- Guru Kimia Kabupaten Pidie Jaya termotivasi untuk meningkatkan kualitas Kinerja, kualitas kompetensi tenaga kependidikan.
- Meningkatkan Kompetensi profesional guru sehingga memiliki persiapan untuk mengikuti sertifikasai guru.
E.
MANFAAT
Pengajuan proposal pemberdayaaan MGMP ini diharapkan
memberikan manfaat kepada berbagai pihak sebagai berikut :
1. Bagi Siswa, terbuka peluang untuk
mengikuti pembelajaran yang menyenangkan,bermakna dan bermutu.
2. Bagi Guru,
terbuka peluang untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan standar
nasional pendidikan melalui berbagai kegiatan di MGMP
4. Bagi Sekolah, terbuka kesempatan
untuk memiliki guru-guru yang kompeten,
5. profesional dan mampu meningkatkan
mutu pembelajaran di sekolah sesuai standar pendidikan nasional
4. Bagi MGMP, terbuka kesempatan untuk
memberdayakan guru-guru di sekolah, kecamatan, kabupaten Pidie Jaya.
5. Bagi Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya
dan Dinas Pendidikan, terbuka kesempatan untuk memiliki guru-guru yang lebih
profesional sehingga mutu dan relevansi pendidikan akan meningkat
BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM
DAN KEGIATAN MGMP TAHUN SEBELUMNYA
Di lingkungan Dinas Pendidikan
Kabupten Pidie Jaya untuk jenjang pendidikan SMA sampai dengan tengah
semester genap tahun pelajaran 2014/2015 telah beberapa kali dilaksanakan
pertemuan tingkat guru mata pelajaran yang diorientasikan pada pembuatan
perangkat pembelajaran KTSP yang dilaksanakan dalam forum workshop bimbingan teknis
KTSP dan in house training yang masih diorientasikan pada peningkatan pemahaman
guru mata pelajaran terhadap standar nasional pendidikan.
Selanjutnya, pertemuan di forum MGMP
kimia telah berupaya menyusun serangkaian rencana aktifitas rutin sehingga
nantinya diharapkan menghasilkan produk MGMP yang dapat membantu peningkatan
kualitas pembelajaran kimia di Kabupaten Pidie Jaya.
Banyak saran dan masukan dari rekan
guru kimia supaya pertemuan lebih diintensipkan lagi ke arah penguasaan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga proses pembelajaran
kimia berbasis TIK secara perlahan dapat siwujudkan.
Memang secara formal MGMP Kimia Kabupaten
Pidie Jaya baru terbentuk, karenanya deskripsi kegiatan dalam dua tahun
terakhir belum secara sistematis dapat dilaporkan dan nampaknya stimulus
proposal pemberdayaan MGMP tahun ini turut menjadi motivasi yang turut
mendukung pada optimalisasi fungsi MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya.
BAB III
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN
A. JENIS
PROGRAM, TUJUAN, INDIKATOR DAN KEGIATAN
JENIS PROGRAM
|
TUJUAN
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
|
1.
Sosialisasi Program Pember dayaan MGMP KIMIA SMA Tahun 2013
|
Tujuan
Kegiatan ini adalah untuk memberikan sosiali- sasi tentang kebijakan
pemerintah dalam pember dayaan MGMP
|
a.
Peserta memahami kebijakan pemerintah tentang Pemberdayaan MGMP
b.
Peserta memahami fungsi dan manfaat Program Pemberdayaan MGMP Kimia SMA
Kabupaten Pidie Jaya
|
Penyampaian
informasi tentang Kebijakan Pemerintah tentang Program Pemberdayaan MGMP
|
2.
Peningkatan Wawasan Kependidikan
3.
Peningkatan Kompetensi Akademik
4.
Peningkatan Kemampuan Paedagogik
5.
Identifikasi Masalah Pembelajaran di Kelas
6.
Pengembangan Wawasan Teknologi Informasi
7.
Pengembangan Profesi / Pembuatan PTK
|
Tujuan
Kegiatan ini adalah untuk memperluas wawas an kependidikan bagi peserta MGMP.
Tujuan
kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan materi substansi/akademik mata
pelajaran.
Tujun dari
kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan peserta dalam memfasilitasi
pembelajaran secara efektif dan menyenangkan
Tujuan
dari kegiatan ini adalah mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran yang
dialami guru sehari-hari di kelas
Kegiatan
ini bertujuan untuk memberikan penambahan wawasan informasi kepada peserta
MGMP dan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi Informasi.
Tujuan
Kegiatan ini adalah untuk memberikan dasar-dasar penelitian tindakan kelas
kepada peserta.
|
a.
Peserta memahami filosophi pendidikan dan teori-teori belajar.
b.
Peserta memahami kebijakan pemerintah di bidang pendidikan saat
ini.
c.
Peserta memahami Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Silabus,
dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
d.
Peserta dapat menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
e.
Peserta dapat menyusun Silabus
f.
Peserta dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (
RPP )
g.
Peserta dapat menyusun dan mengembangkan sistem penilaian
a.
Peserta memahami standar isi dan struktur kurikulum mata
pelajaran kimia.
b.
Peserta mendapatkan penguatan materi akademik.
c.
Peserta mampu menyusun dan mengembangkan bahan ajar
d.
Peserta dapat menyampaikan dan mencermati kelemahan-kelemahan dan
kelebihan-kelebihan dalam sebuah proses pembelajaran.
e.
Peserta dapat merancang dan melaksanakan praktikum dengan baik.
a.
Peserta menguasai model-model pembelajaran yang efektif dan
menyenangkan
b.
Peserta dapat merancang model pembalajaran yang efektif dan
menyenangkan.
a.
Peserta dapat secara bersama-sama mengidentifikasi dan inventarisasi masalah
yang dihadapi di kelas
b.
Peserta mendapatkan solusi pemecahan masalah yang dihadapi
dikelas melalui forum diskusi.
c.
Peserta dapat melakukan “Self identification” masalah yang
terjadi di kelas dan mendapatkan solusi pemecahan masalah tersebut
a.
Peserta menguasai dasar-dasar penggunan komputer.
b.
Peserta dapat mengguna kan komputer untuk mem buat adminis trasi
peng ajaran.
c.
Peserta dapat mengguna kan komputer untuk mem buat media
presentasi pembelajaran sederhana.
d.
Peserta dapat mengguna kan komputer untuk mela kukan akses internet
dasar (browsing dan email)
e.
Peserta dapat melakukan interaksi maya dengan menggunakan internet (mailing
list dan weblog)
a.
Peserta memahami konsep, langkah-langkah penulisan Penelitian
Tindakan Kelas)
b.
Peserta dapat membuat perencanaan awal pembuatan PTK
c.
Guru dapat menyusun Penelitian Tindakan Kelas
|
a.
Penyampaian materi Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.
b.
Penyampaian materi Filosophi Pendidikan dan Teori Belajar
c.
Penyampaian materi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.
d.
Penyampaian materi penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru Pemandu
e.
Peserta melaksanakan praktik penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan dan presentasi hasil kerja
f.
Peserta melaksanakan praktik penyusunan Silabus dan presentasi
hasil kerja.
g.
Peserta melaksanakan praktik penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dan presentasi hasil kerja.
a.
Penyampaian materi standart isi dan struktur mata pelajaran kimia
SMA
b.
Diskusi materi-materi yang dianggap sulit dipahami dan sulit diajarkan
pada mata pelajaran Kimia.
c. Latihan
Penyusunan dan pengembangan bahan ajar (diarahkan yang berbasis IT)
d.
Real Teaching, pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas yang
dilanjutkan dengan analisa.
e.
Uji Coba Praktikum
a.
Penyampaian materi dan simulasi model-model pembelajaran
b.
Latihan pembuatan rancangan pembelajaran yang efektif dan
menyenangkan.
a.
Diskusi pengidentifikasian dan penginventarisasian masalah yang dihadapi di
kelas.
b.
Diskusi solusi pemecahan masalah yang dihadapi di kelas.
c. Simulasi
masalah yang di hadapi di kelas dan cara pemecahannya.
a.
Penyampaian materi dasar-dasar komputer dan praktek
penggunaannya.
b.
Praktik penggunaan komputer untuk membuat adminstrasi pengajaran
(pengolah kata dan pengolah angka)
c.
Praktik penggunakan komputer untuk membuat media presentasi pembelajaran
sederhana.
d.
Penyampaian materi internet dasar.
e.
Praktik interaksi maya penggunaan internet
a.
Penjelasan materi tentang konsep dan langkah-langkah penulisan PTK.
b.
Guru melaksanakan praktik pembuatan rencana awal pembuatan PTK
c.
Guru melaksnakan praktik penyusunan PTK
|
Berdasarkan sruktur program tersebut secara umum terdapat 7 (tujuh) program
MGMP Kabupaten Pidie Jaya yaitu:
1. Sosialisasi Program Pemberdayaan
MGMP KIMIA SMA Tahun 2013
2. Peningkatan Wawasan Kependidikan
3. Peningkatan Kompetensi Akademik
4. Peningkatan Kemampuan Paedagogik
5. Identifikasi Masalah Pembelajaran di
Kelas
6. Pengembangan Wawasan Teknologi
Informasi
7. Pengembangan Profesi / Pembuatan PTK
Paling tidak, melalui proposal
pemberdayaan MGMP ini dapat direalisasikan beberapa aspek penting yang
dilaksanakan meliputi :
1) penjelasan mengenai kebijakan PMPTK
dalam meningkatkan kualitas guru (2jam ),
2) Pengembangan silabus autentik ( 4
jam ),
3) Pengembangan RPP autentik ( 4 jam ),
4) KKM dan Penilaian autentik ( 3 jam
),
5) Penyusunan Laporan ( 1 jam ),
6) Evaluasi Diklat ( 1 jam ),
7) Pengembangan bahan ajar berbasis
Kompetensi,
8) Pengembangan Model – Model
Pembelajaran
9) Pengembangan Media Pembelajaran
berbasis kompetensi
10) Pembuatan alat peraga pembelajaran
sederhana
11) PTK untuk Peningkatan Mutu
Pembelajaran.
Selain itu diupayakan
produk MGMP untuk pembelajaran berupa LKS (untuk Tugas Mandiri
Terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur), LKS Praktikum,
dimulainya upaya pengumpulan/pembuatan soal , identifikasi soal yang
diorientasikan pada tersedianya Bank soal.
B.
|
RENCANA
ANGGARAN BIAYA
|
|
|
PENGELOLAAN
DANA BLOCK GRANT
|
|
|
|
|
|
Uraian
|
Persentase
|
|
Persiapan
|
|
|
1. ATK
|
10%
|
|
2.
Konsumsi
|
|
|
3.
Transportasi
|
|
|
pelaksanaan program dan kegiatan
|
75%
|
|
1. Insentif
Peserta
|
|
|
2.
Insentif Nara sumber (Pemandu)
|
|
|
3. ATK
|
|
|
4.
Konsumsi
|
|
|
Laporan dan pemantauan internal
|
5%
|
|
Deseminasi Hasil Kegiatan
|
10%
|
|
Jumlah
|
100%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Baturaja, 12 Februari 2014
|
|
|
MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA
|
|
Ketua,
|
Bendahara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hamzah, S.Pd.
|
Nurjannah, S.Pd
|
|
|
JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
|
||
PEMBERDAYAAN MGMP KIMIA KABUAPATEN PIDIE JAYA
|
||
TAHUN 2014
|
||
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
Keterangan
|
1
|
Kebijakan
pemerintah di bidang pendidikan / Kebijakan PMPTK dalam meningkatkan kualitas
guru
|
Workshop
|
Penyampaian
materi standart isi dan struktur mata pelajaran kimia SMA
|
Workshop
|
|
Pengembangan
silabus / Pengembangan RPP
|
Workshop
|
|
Pengembangan
Model – Model Pembelajaran
|
Workshop
|
|
Penjelasan
materi tentang konsep dan langkah-langkah penulisan PTK.
|
Workshop
|
|
2
|
KKM dan
Penilaian autentik
|
Workshop
|
Latihan
Penyusunan dan pengembangan bahan ajar (diarahkan yang berbasis IT)
|
Workshop
|
|
Praktik
penggunakan komputer untuk membuat media presentasi pembelajaran sederhana.
|
Workshop
|
|
Penyampaian
materi internet dasar.
|
Workshop
|
|
Praktik
interaksi maya penggunaan internet
|
Workshop
|
|
3
|
Penyusunan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / Silabus
|
pertemuan 1
|
4
|
Penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
pertemuan 2
|
5
|
Real
Teaching, pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas yang dilanjutkan
dengan analisa.
|
rutin
|
6
|
Diskusi
materi-materi yang dianggap sulit dipahami dan sulit diajarkan pada mata
pelajaran Kimia.
|
rutin
|
7
|
Diskusi
pengidentifikasian dan penginventarisasian masalah yang dihadapi di kelas.
|
rutin
|
8
|
Diskusi
solusi pemecahan masalah yang dihadapi di kelas.
|
rutin
|
9
|
Simulasi
masalah yang di hadapi di kelas dan cara pemecahannya.
|
rutin
|
10
|
Pengembangan
Media Pembelajaran berbasis kompetensi
|
pertemuan 3
|
11
|
Pembuatan
alat peraga pembelajaran sederhana
|
pertemuan 3
|
12
|
Pembuatan
LKS Praktikum
|
pertemuan 4
|
13
|
Uji Coba
Praktikum
|
rutin
|
14
|
Pembuatan
LKS (Tugas Mandiri Terstruktur/ Tugas Mandiri Tidak terstruktur)
|
pertemuan 5
|
15
|
Praktek
penggunaann komputer untuk media pembelajaran
|
pertemuan 6
|
16
|
Praktik
penggunaan komputer untuk membuat adminstrasi pengajaran (pengolah kata dan
pengolah angka)
|
pertemuan 7
|
17
|
Praktik
pembuatan rencana awal pembuatan PTK
|
pertemuan 8
|
18
|
Praktik
penyusunan PTK
|
pertemuan 9
|
19
|
Penyusunan
Bank Soal
|
pertemuan 10
|
|
|
|
Baturaja, 12 Februari 2014
|
|
MGMP KIMIA KABUPATEN PIDIE JAYA
|
|
Ketua
Sekretaris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hamzah,
S.Pd. Zainal Abidin , S.Pd
|
|
|
|
|
BAB IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Program pemberdayaan MGMP
Kimia Kabupaten Pidie Jaya diyakini merupakan suatu pilihan yang tepat
untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan mutu pendidik tenaga
kependidikan, langkah yang sangat membantu guru dalam mengembangkan diri dan
meningkatkan kompetensinya untuk menjadi guru yang professional.
Dengan adanya program pemberdayaan
MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya diharapkan dapat menumbuhkan
daya kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran sehingga tercapai
peningkatan prestasi belajar siswa
Guru berkualitas adalah guru yang
profesional, mutu tenaga kependidikan meningkat menjadi
barometer peningkatan mutu pendidikan secara umum. Guru yang
professional dapat menjadi indikator guru yang berprestasi, guru yang memiliki
kompetensi profesi kependidikan yang dapat meningkatkan mutu
pendidikan melalaui peningkatan kualitas proses pembelajaran,
karenanya guru tidak boleh untuk terus belajar.
B,
SARAN
Program pemberdayaan MGMP Kimia
Kabupaten Ogan Komering Ulu dapat bemanfaat bagi upaya peningkatan kualitas dan
prestasi pembelajaran kimia, karenanya dibutuhkan komitmen dan partisipasi
seluruh guru kimia kabupaten Pidie Jaya dalam merealisasikan
program-program MGMP Kimia Kabupaten
Pidie Jaya yang
telah disusun, kerjasama yang baik hendaknya dapat
diwujudkan, tanggung jawab bersama adalah kata kunci bagi
sebuah keinginan peningkatan managemen MGMP Kimia Kabupaten Pidie Jaya.
Post a Comment