TUTORIAL DASAR MICROSOFT EXCEL 2013




Membuat Halaman Baru Di Excel
  • Pilih file tab
  • Pilih new dan kemudian klik halaman kosong, buat halaman baru.
 
Membuat Halaman Baru Di Excel
  • Pilih file tab
  • Pilih new dan kemudian klik halaman kosong, buat halaman baru.Menyimpan Dan Menampilkan File
  • Lokasi dan pilihan untuk menyimpan yang ada di Toolbar.
  • Kemudian kamu pilih tempat penyimpanan file dan beri nama filenya.
  • Masukkan nama dan klik simpan.
Menggunakan Save As untuk membuat salinan file.

  1. Klik file yang akan di salin
    http://dogleg.jw.lt/images/save_default_options.png
  2. Klik Options
  3. Setelah selesai lalu di simpan lagi
Mengenal Cells Dalam Excel
  • Setiap cell berisi row dan column. Columns di identifikasikan dengan (A, B, C) dan rows di identifikasikan dengan angka (1,  2, 3)
  • Misalnya dalam cell itu berisi column C dan row 5, sehingga menjadi cell C5.
  • Anda juga dapat memilih multi cell sekaligus, misalnya cell , A2, A3, A4 dan A5 akan menjadi A1:A5

Merubah Lebar Column :
  • Posisikan mouse di garis column sehingga tanda plus putih menjadi tanda panah double
  • Klik, tahan dan gerakkan mouse
  • Lebar column itu akan berubah
  • Merubah Lebar Column Automatis:
  • Posisikan mouse di garis column sehingga tanda plus putih menjadi tanda panah double
  • Klik dua kali mouse, akan merubah lebar column secara outomatis
Merubah Font :
  • Pilih cell yang akan di rubah.
    Format font style select
  • Klik tarik kebawah dan ikuti perintah.
  • Pilih salah satu font yang terlihat di situ. Sebagai contoh kami akan memilih Georgia
    Format font style choose
  • Text akan berubah sesuai pilihan
    Format font style done
Merubah Warna Text :
  • Pilih cell yang akan Anda rubah.
    Format font color select
  • Klik, arahkan dan ikuti perintah
  • Pilih warna yang diinginkan, misalnya kita pilih warna hijau
    Format font color choose
  • Text akan berubah sesuai pilihan
    Format font color done
Pilihan warna selanjut
  • Cari di bawah menu
    Format font color splat
Menggunakan Bold (tebal), Italic (miring) dan Underlin (garis bawah) :
  • Pilih cell yang akan dirubah
    Format font bold select
  • Klik Bold (B), Italic (I), atau Underline (U) . Misalnya kita gunakan Bold
    Format font bold choose
  • Text yang di rubah sudah jadi
    Format font bold done
Cara Operasikan Matematika
Menggunakan formula dasar Excel, seperti tanda plus (+), minus (-), perkalian (*), pembagian (/), pangkat(^) untuk eksponen.
Simpform graphic operators4
Untuk semua formula di Excel harus di mulai dengan tanda (=).
Memahami Cara Memasukkan Ke Cell
Buatlah formula sederhana di Excel secara manual (misal,=2+2or=5*5). Agar bilangan yang di masukan dapat akurat, karena kamu dapat merubah isi cell tanpa mengulang formula.
Simple references illustrat
Kamu dapat memasukkan formula sederhana atau berisi kombinasi, seperti contoh berikut:
Simpform graphic formulas5
Menampilkan Ribbon Word 2013


  • Ribbon adalah area horizontal yang muncul di atas ruang kerja dan mencakup semua perintah pilihan dokumen. Kamu akan dapat melihat icon yang tampak seperti arah panah di ribbon. Selanjutnya, Anda akan melihat tooltip "Collapse Ribbon" muncul. Cara pintasnya Ctrl + F1. Untuk mendapatkan lebih banyak ruang, Anda dapat menghilangkan ribbon, dan hanya terlihat tab. Bila Anda akan menggunakan lagi, Anda dapat mengklik tab untuk menampilkan semua perintah di atasnya.

  • Ada dua cara untuk mendapatkan ribbon kembali secara permanen. Yang pertama adalah dengan mengklik tab, di ka-
  • nan bawah ribbon Anda akan melihat icon. Klik icon atau Anda dapat menggunakan cara pintas keyboard Ctrl + F1 untuk menampilkan ribbon.
Menambahkan Tabel Di Word 2013


  • Menambahkan tabel di Word 2013 cukup mudah. Masuk ke tab Insert dan pada kelompok Tabel. Ada beberapa pilihan yang tersedia pada jendela tabel insert yang terbuka, tapi cara tercepat dan termudah adalah dengan menggunakan kotak di grid. Hanya memindahkan kursor di atas grid dan Anda akan melihat kotak menyala, mereka memberikan indikasi berapa baris dan kolom tabel.

  • Klik yang sesuai dengan tabel yang Anda butuhkan dan masukkan ke dalam dokumen Word Anda. Anda dapat mulai mengubah atau menambahkan teks / gambar / yang lain. Jika Anda sudah biasa dengan Word 2010 Anda harus tahu bahwa ada beberapa perubahan di Word 2013.
Mengatur Align Obyek Di Word 2013


  • Mari kita lihat bagaimana menyelaraskan objek di Word 2013.

    Sebagai contoh, kita pertama-tama akan memasukkan tiga persegi panjang: klik Insert > Shapes > Rectangle, dan masukkan dalam dokumen Word Anda. Klik Insert > Shapes > Rectangle, untuk membuat kotak kedua. Cobalah dan bervariasi posisi dari persegi panjang dalam dokumen Anda. Sekarang buat sebuah persegi panjang ketiga dan pilih semua ketiganya dengan menekan ctrl saat Anda mengklik yang lainnya. Pastikan Anda menargetkan mereka benar semua persegi panjang yang dipilih, klik PageLayout > Align (di sebelah kanan ribbon, dalam kelompok Arrange) , lalu pilih Align Top.

  • Kemudian rapikan, tergantung pada kebutuhan Anda, di antaranya :
    * Kiri
    * tengah 
    * kanan 
    * atas 
    * tengah 
    * bawah

Mengubah Background Microsoft Office 2013

  • Background terkait erat dengan akun Microsoft Anda. Ini berarti bahwa jika Anda tidak sign in, Anda tidak akan bisa merubah background Office.

    Jika Anda sign in, ada beberapa pilihan background.

    Ketika Anda pertama kali memulai Word 2013, misalnya, Anda dapat melihat background office di sudut kanan atas. Anda juga bisa melihatnya di bagian kanan atas ribbon. Itu dapat dilihat di bagian kanan atas. Untuk mengubah background Office, klik tab File > Account, dan ada pilihan Background. Anda dapat mengarahkan kursor ke salah satu pilihan untuk melihat update background. Ada beberapa pilihan background.

  • Anda juga dapat mengubah Tema Office, tapi ini memiliki efek minimal. Pilihan yang ditawarkan adalah Putih, Light Gray dan Dark Gray.