20 METODE MENGAJAR AGAR GURU TETAP KEREN DAN SEMAKIN DISENANGI SISWA
20 metode
mengajar yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW? Salah satu faktor
penting kejayaan pendidikan Rasulullah SAW adalah karena beliau menjadikan
dirinya sebagai model dan teladan bagi umatnya. Tentu, guru yang baik
seharusnya menjadi teladan dan model bagi siswanya
Ucapan dan
tindakan guru harus sejalan dan sejujurnya. Ingat ungkapan ini 'jangan ada
dusta diantara guru dan siswa'. 20
metode dan teknik pengajaran sebagai brikut, yaitu :
1. Learning
conditioning (meminta diam untuk mengingatkan, menyeru secara langsung dan
perintah untuk menyimak dan diam dengan cara tidak langsung);
2. Active
interaction (interaksi pendengaran : teknik berbicara, tidak bertele-tele pada
ucapan dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi, diam sebentar
ditengah-tengah penjelasan; interaksi pandangan : eye contact dalam mengajar,
memanfaatkan ekspresi wajah, tersenyum);
3.
Applied-learning (metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan yang dilakukan
oleh siswa);
4. Scanning
and levelling (memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya);
5.
Discussion and feed-back (metode yang logis dalam memberikan jawaban dan
membuat contoh sederhana yang mudah dipahami);
6. Story
telling (bercerita);
7. Analogy
and case study (memberikan perumpamaan dan studi kasus nyata di sekitar
kehidupan);
8. Teaching
and Motivating (meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan yang
tinggi);
9. Body
language (membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih pasti dan jelas;
menarik perhatian pendengar dan membuat makna yang dimaksud melekat pada
pikiran; mempersingkat waktu)
10. Picture
and graph technology (penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan);
11.
Reasoning and argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang
sulit dan berat agar dipahami oleh siswa);
12. Self
reflection (memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu
pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran);
13.
Affirmation and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama);
14. Focus
and point basis ( menggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau
poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa);
15. Question
and answer metodh (teknik bertanya untuk menarik perhatian pendengar dan
membuat pendengar siap terhadap apa yang akan disampaikan kepadanya);
16. Guessing
with question (penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar
keingintahuan);
17.
Encouraging student to ask (guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada
siswa untuk berani mengajukan pertanyaan : bertanya dapat menghapus kebodohan
serta memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas
cara penyampaian pelajarannya);
18. Wisdom
in answering question (menyikapi orang-orang yang mengajukan pertanyaan sesuai
dengan tingkat pengetahuannya; menyikapi si penyanya dengan sikap yang
bermanfaat baginya);
19.
Commenting on student question (memberikan komentar terhadap jawaban siswa);
20. Honesty
(seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke
dalam diri siswanya. ucapan 'aku tidak tahu adalah bagian dari ilmu')
Itulah
beberapa metode cara mengajar agar guru disukai oleh para murid.
Post a Comment