PANDUAN PENYUSUNAN RPP (KURIKULUM TERBARU)
PANDUAN PENYUSUNAN RPP (KURIKULUM TERBARU)
Berdasarkan
permendikbud nomor 65 tahun 2013, komponen RPP adalah sebagai berikut:
(1)
identitas
sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
(2)
identitas
matapelajaran
;
(3)
kelas/semester;
(4)
materi
pokok;
(5)
alokasi waktu
ditentukan sesuai dengan
keperluan untuk pencapaian KD dan beban
belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam
pelajaran yang tersedia
dalam silabus dan
KD yang harus dicapai;
(7)
kompetensi
dasar dan
indikator pencapaian kompetensi;
(8)
[AT2] materi
pembelajaran[AT3] , memuat fakta,
konsep, prinsip, dan
prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi;
(9)
metode
pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran
agar peserta didik mencapai KD
yang disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.
Bagian ini dapat juga disampaikan jenis model atau strategi pembelajaran yang
guru gunakan dalam pembelajaran, dengan tidak meninggalkan pengalaman belajar
minimal dari pendekatan saintif, yang dikenal dengan 5 M, yaitu mengamati,
menanya, mengumpulkan data/eksperimen/eksplorasi, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan.
(10) media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi
pelajaran;
(11) sumber
belajar, dapat berupa
buku, media cetak
dan elektronik, alam sekitar,
atau sumber belajar lain yang relevan;
(12) langkah-langkah
pembelajaran dilakukan melalui
tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
(13) penilaian hasil pembelajaran.
Sistematika
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No.81A Tahun 2013
tentang Implementasi Kurikulum sebagaimana dicontohkan dalam format di bawah
ini. Mengingat karakteristik mata pelajaran dimungkinkan berbeda, sistematika
format juga dimungkinkan berbeda untuk setiap mata pelajaran. Namun keluwesan
format tetap harus mengacu pada peraturan yang ada.
CONTOH MODEL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA …
Mata Pelajaran : …
Kelas/Semester *) : …
Materi Pokok : …
Alokasi Waktu : ...
A.
Kompetensi Inti
1.
_______________
2.
_______________
3.
_______________
4.
_______________
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
1.
_____________ (KD pada
KI-1)
Indikator: __________________ **)
2.
_____________ (KD pada
KI-2)
Indikator: __________________ **)
3.
_____________ (KD pada
KI-3)
Indikator: __________________
4.
_____________ (KD pada
KI-4)
Indikator:
__________________
C.
Tujuan
Pembelajaran
D.
Materi Pembelajaran
(rincian dari Materi Pokok)
E.
Metode Pembelajaran
(rincian dari Kegiatan
Pembelajaran) ***)
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (…menit)
b.
Kegiatan Inti
(...menit)
c.
Penutup (…menit)
2. Pertemuan Kedua:
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (…menit)
b.
Kegiatan Inti (...menit)
c.
Penutup (…menit),
dan seterusnya.
H.
Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
………., ………………… ****)
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran
Kepala SMA ……..
__________________ __________________
NIP. ….
NIP. ….
|
Keterangan :
*) Untuk satuan pendidikan penyelenggara
Sistem Kredit Semester, dapat ditulis dengan “Beban Belajar : …… sks ”.
**) Indikator untuk KD-KD dari KI-1 dan
KI-2 tidak harus dikembangkan karena keduanya dicapai melalui pembelajaran
tidak langsung. Indikator untuk KD-KD dari KI.3 dan KI.4 harus dikembangkan
karena keduanya dicapai melalui pembelajaran langsung.
***)
dimaksudkan sebagai variasi metode yang digunakan dalam keseluruhan Kegiatan Pembelajaran
****) Tambahan legalisasi guru Mata Pelajaran
dan Kepala Sekolah untuk kepentingan administratif
[AT1]Urutan yang mungkin lebih ideal :
Hakikat RPP, Prinsip RPP, Komponen dan Sistematika, Langkah Pengembangan RPP
[AT2]Bahan pertanyaan ttg urutan.
[AT3]Perlu penjelasan lanjutan bedanya
dengan (4)materi pokok
[AT4]Urutan yang mungkin lebih ideal :
Hakikat RPP, Prinsip RPP, Komponen dan Sistematika, Langkah Pengembangan RPP
Post a Comment