PANDUAN PENYUSUNAN RPP (KURIKULUM TERBARU)




PANDUAN PENYUSUNAN RPP (KURIKULUM TERBARU)

Berdasarkan permendikbud nomor 65 tahun 2013, komponen RPP adalah sebagai berikut:
(1)      identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
(2)      identitas matapelajaran ;
(3)      kelas/semester;
(4)      materi pokok;
(5)      alokasi  waktu  ditentukan  sesuai  dengan  keperluan  untuk pencapaian  KD  dan  beban  belajar  dengan  mempertimbangkan jumlah  jam  pelajaran  yang  tersedia  dalam  silabus  dan  KD  yang harus dicapai;
(7)      kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
(8)      [AT2] materi  pembelajaran[AT3] ,  memuat  fakta,  konsep,  prinsip,  dan  prosedur yang  relevan,  dan  ditulis  dalam  bentuk  butir-butir  sesuai  dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
(9)      metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana  belajar  dan  proses  pembelajaran  agar  peserta  didik mencapai  KD  yang  disesuaikan  dengan  karakteristik  peserta  didik dan KD yang akan dicapai. Bagian ini dapat juga disampaikan jenis model atau strategi pembelajaran yang guru gunakan dalam pembelajaran, dengan tidak meninggalkan pengalaman belajar minimal dari pendekatan saintif, yang dikenal dengan 5 M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data/eksperimen/eksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
(10)  media pembelajaran, berupa alat bantu proses  pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
(11)  sumber  belajar,  dapat  berupa  buku,  media  cetak  dan  elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
(12)  langkah-langkah  pembelajaran  dilakukan  melalui  tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
(13)  penilaian hasil pembelajaran.

2.      Sistematika RPP[AT4] 
Sistematika Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No.81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum sebagaimana dicontohkan dalam format di bawah ini. Mengingat karakteristik mata pelajaran dimungkinkan berbeda, sistematika format juga dimungkinkan berbeda untuk setiap mata pelajaran. Namun keluwesan format tetap harus mengacu pada peraturan yang ada.



CONTOH MODEL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                      : SMA …
Mata Pelajaran                           :
Kelas/Semester *)                      :
Materi Pokok                             :
Alokasi Waktu                          : ...

A.      Kompetensi Inti
1.      _______________
2.      _______________
3.      _______________
4.      _______________

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.        _____________ (KD pada KI-1)  
Indikator: __________________  **)
2.        _____________ (KD pada KI-2)
Indikator: __________________  **)
3.        _____________ (KD pada KI-3)
Indikator: __________________
4.        _____________ (KD pada KI-4)
Indikator: __________________

C.       Tujuan Pembelajaran
D.      Materi  Pembelajaran
(rincian dari Materi Pokok)
E.       Metode Pembelajaran
(rincian dari Kegiatan Pembelajaran)  ***)
F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
2.      Alat/Bahan
3.      Sumber Belajar
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a.         Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
b.        Kegiatan Inti (...menit)
c.         Penutup (…menit)
2. Pertemuan Kedua:
a.         Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
b.        Kegiatan Inti (...menit)
c.         Penutup (…menit),
dan seterusnya.
H.      Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
2.    Bentuk instrumen dan instrumen
3.    Pedoman penskoran

………., …………………  ****)
      Mengetahui                                Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA ……..

__________________                       __________________
NIP. ….                                          NIP. ….

Keterangan :
*) Untuk satuan pendidikan penyelenggara Sistem Kredit Semester, dapat ditulis dengan “Beban Belajar :  …… sks ”.
**) Indikator untuk KD-KD dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan karena keduanya dicapai melalui pembelajaran tidak langsung. Indikator untuk KD-KD dari KI.3 dan KI.4 harus dikembangkan karena keduanya dicapai melalui pembelajaran langsung.
***) dimaksudkan sebagai variasi metode yang digunakan dalam keseluruhan Kegiatan Pembelajaran
****) Tambahan legalisasi guru Mata Pelajaran dan Kepala Sekolah untuk kepentingan administratif

 [AT1]Urutan yang mungkin lebih ideal : Hakikat RPP, Prinsip RPP, Komponen dan Sistematika, Langkah Pengembangan RPP
 [AT2]Bahan pertanyaan ttg urutan.
 [AT3]Perlu penjelasan lanjutan bedanya dengan (4)materi pokok
 [AT4]Urutan yang mungkin lebih ideal : Hakikat RPP, Prinsip RPP, Komponen dan Sistematika, Langkah Pengembangan RPP