Cara membuat deskripsi dalam raport kurikulum 2013
Judul Artikel : Cara membuat deskripsi dalam
raport kurikulum 2013
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-deskripsi-dalam-raport_8240.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-deskripsi-dalam-raport_8240.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Salah satu elemen
perubahan dalam kurikulum 2013 adalah Standar Penilaian. Penilaian pada kurikulum 2013
berorientasi pada penilaian autentik. Secara bahasa otentik artinya
asli, nyata. Secara istilah penilaian autentik artinya penilaian atas kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam dunia
nyata dari apa yang telah diketahuinya.
Anda juga dapat membaca terlebih dahulu Juknis nya dan admin
qizz234 juga share mengenai aplikasi
pengisian raport k13 dengan deskripsi otomatis (buat guru yang
sudah memahami excel). jika anda ingin membuat deskripsi raport k13
tanpa bantuan software silahkan anda perhatikan contoh di bawah ini :
Seorang guru kelas 1 ingin melakukan penilaian pada siswanya berkaitan dengan:
Seorang guru kelas 1 ingin melakukan penilaian pada siswanya berkaitan dengan:
1). Mengenal cara-cara memperkenalkan
diri
2). Siswa dapat memperkenalkan
diri.
Untuk indikator 1 apa jenis tes yang
tepat digunakan oleh guru? Untuk indikator 2 apa jenis tes yang tepat digunakan
oleh guru?
Untuk melakukan penilaian indikator 1
jenis tes yang digunakan bisa tes tertulis bias tes lisan, karena indikator 1
adalah untuk mengukur aspek kognitif. Sedangkan indikator 2 jenis tes yang
digunakan adalah unjuk kerja atau praktik karena indikator 2 untuk mengukur
aspek keterampilan. Bagaimana Bapak/Ibu sudah ada gambaran?
Coba sekarang terka, jika seorang guru
ingin melakukan penilaian berkaitan dengan kemampuan siswa
dalam melaksanakan wudlu, jenis tes apakah yang seharusnya digunakan?
Tes Unjuk Kerja atu Praktik
Jika jenis tes itu yang Bapak/Ibu
pergunakan, maka panjenengan telah melakukan penilaian otentik. Bapak/Ibu
model raport untuk SD nantinya adalah sebagai berikut ini :
Nama Siswa
: Budi
Kelas : I
Nomor
Induk : 1111
Semester : 1
(satu)
Nama
Sekolah : SD
Maju
Tahun
Pelajaran : 2014 / 2015
Alamat
Sekolah : Jl. Merdeka
Aspek
|
Deskripsi
|
Menerima,
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
Sangat terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam
bersuci sebelum beribadah
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam
berinteraksi dengan keluarga dan guru
|
Menunjukkan
sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu
usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Mengingatdan
memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu
tentang:
· dirinya,
· makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya
· benda-benda lain di
sekitarnya
|
· Mahir menyebut
tata cara bersuci, masih perlu bimbingan untuk memahami makna doa sebelum dan
sesudah belajar.
· Menguasai benar simbol-simbol
sila Pancasila.
· Mahir menyebut
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera dengan kosakata bahasa
Indonesia
· Pandai membandingkan
dengan memperkirakan panjang suatu benda dengan menggunakan istilah
sehari-hari.
· Masih perlu
latihan tentang pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik
ritmik
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Menyajikan
kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam :
· bahasa yang jelas,
logis, dan sistematis
· karya yang estetis
· gerakan anak sehat
· tindakan anak
beriman dan berakhlak mulia
|
Telah
melaksanakan aturan di sekolah dengan baik, masih perlu bimbingan dalam
menceritakan kebersamaan dan keberagaman di sekolah.
Mahir dalam menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
|
Pada kesempatan ini akan saya bahas cara
melakukan penilaian dan membuat deskripsi raport untuk aspek sikap. Yang
harus diingat adalah bahwa aspek sikap mencakup dua hal yaitu sikap spiritual
(KI.1) dan sikap sosial (KI.2). Mari kita cermati lagi model raportnya.
Aspek
|
Deskripsi
|
Menerima,
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
Sangat terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam
bersuci sebelum beribadah
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam
berinteraksi dengan keluarga dan guru
|
Menunjukkan
sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu
usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian.
|
Secara umum, penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan
observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal.
a. Observasi
Instrumen penilaian sikap spiritual
(KI.1)
Tema :
Diriku
Indikator :
~ Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
~
Mengidentifikasi nama teman
~
Menyebutkan identitas teman
Sikap
spiritual yang akan dinilai:
~
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
~
Bersuci sebelum beribadah
~
Bersyukur
~
Sesuaikan dengan tingkatan kelas, yang disarikan dari inti materi
No
|
Nama
|
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
Bersuci sebelum beribadah
|
Bersyukur
|
|||||||||
Blm Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Blm Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Blm Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Budi
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
Ali
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
dst
|
Keterangan :
· Berilah
dengan “chechlist” atau “√” pada kolom yang sesuai.
· Nilai
skala pada masing-masing aspek (berdoa sebelum dan sesudah belajar, bersuci
sebelum beribadah, bersyukur), akan dimasukkan dalam rekap nilai sikap sosial
per tema dalam satu semester
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati (mulai tema1 - tema4)
|
Deskripsi
|
|||||||||||||||||||||||
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
Bersuci sebelum beribadah
|
Bersyukur
|
Terbiasa membaca basmalah
|
Meyakini adanya Allah
|
dst
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Budi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||||
Ali
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan :
1. Angka
1 : belum terlihat, 2: Mulai terlihat; 3: Mulai Berkembang, 4: Membudaya
2. Rekapitulasi hasil observasi
sikap, diperoleh dari observasi terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d
tema 4 yang telah dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
3. Kolom deskripsi diisi
kecenderungan yang menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih diperlukan
bimbingan.
Berdasar rekap hasil observasi sikap spiritual semester-1
bagaimana deskripsi yang tepat untuk Budi dan Ali untuk mengisi buku raport?
Bapak/Ibu cobalah
berlatih sejenak kemudian bandingkan dengan deskripsi di bawah ini dengan cara
menggeser warna penutupnya.
Budi:
Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu
usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah.Sangat terbiasa
mensyukuri nikmat pemberian Allah dan terbiasa membaca basmalah setiap memulai
aktivitas, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam berdoa sebelum dan sesudah
belajar.
Catatan:
1. Dalam
merekap nilai sikap, acuan yang digunakan adalah modus yaitu
perilaku/kebiasaan yang sering muncul. Contoh Budi untuk karakter “berdoa
sebelum dan sesudah belajar” dalam tema-1 nilai 3, tema-2 nilai 4, tema-3 nilai
3, tema-4 nilai 2. Dengan demikian yang masuk dalam rekap adalah nilai 3.
Bagaimana jika terjadi perolehan nilai yang sama? Contoh, di tema-1 dan 2 dapat
nilai 3, tema-3 dan 4 dapat nilai 4. Jika terjadi demikian maka Bapak/Ibu harus
membandingkannya dengan tiga jenis penilaian yang lain, yaitu penilaian diri,
penilaian antar teman, dan jurnal. Lebih condong ke arah nilai 3 atau nilai
4.
Untuk jenis penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal penjelasannya mengikut di aspek sikap sosial saja.
1.b. Sikap
Sosial
Penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan observasi,
penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal.
a. Observasi
Instrumen penilaian sikap sosial
(KI.2)
Tema :
Diriku
Indikator :
~ Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
~
Mengidentifikasi nama teman
~
Menyebutkan identitas teman
Sikap
sosial yang akan dinilai:
~
percaya diri
~
disiplin
~
bekerja sama
~
Lihat buku guru Kelas I tema-1 Subtema: Aku dan Teman Baru
No
|
Nama
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
Blm Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Blm Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Blm Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Budi
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
Ali
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
dst
|
Keterangan :
· Berilah
dengan “chechlist” atau “√” pada kolom yang sesuai.
· Nilai
skala pada masing-masing aspek (percaya diri, disiplin, bekerja keras), akan
dimasukkan dalam rekap nilai sikap sosial per tema dalam satu semester
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati (mulai tema1 - tema4)
|
Deskripsi
|
|||||||||||||||||||||||
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
Santun
|
Tertib
|
Dst
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Budi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||||
Ali
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan :
1. Angka
1 : belum terlihat, 2: Mulai terlihat; 3: Mulai Berkembang, 4: Membudaya
2. Rekapitulasi hasil observasi
sikap, diperoleh dari observasi terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d
tema 4 yang telah dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
3. Kolom deskripsi diisi
kecenderungan yang menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih
diperlukan bimbingan.
Post a Comment